Hidup Terlalu Higienis Ternyata Malah Tidak Sehat

118 views Leave a comment
Hidup Terlalu Higienis Ternyata Malah Tidak Sehat

Dailymoslem – Sedikit-sedikit, pakai hand sanitizer, setiap mandi pakai sabun antiseptik, belum lagi area sekelilingnya yang harus selalu bersih dan akan segera dicuci dengan sabun jika terkena kotoran. Hidup yang terlalu higienis seperti itu mungkin kelihatan seperti sehat, namun ternyata malah┬ábisa membawa masalah bagi kesehatan.

Dilansir dari Time, Selasa (23/11), saak kita beraktivitas, selain dihinggapi bakteri jahat, kita juga dihinggapi bakteri baik yang dapat menjaga sistem pencernaan, kesehatan kulit dan juga kekebalan tubuh.

Menurut Robynne Chutckan, M.D., pendiri Pusat Pencernaan Wanita di Maryland, memang banyak orang sudah tahu cara mendapatkan bakteri baik dengan mongonsumsi antibiotik atau makanan dan minuman yang difermentasi. Namun, ternyata makanan dan minuman tersebut tidak cukup untuk menambah bakteri baik dalam tubuh kita.

Selain itu, Dr. Chutkan juga menuturkan bahwa penggunaan sabun anti-bakteri yang terlalu berlebihan tidak baik karena dalam sabun tersebut terdapat banyak bahan kimia yang dapat membunuh semua bakteri dalam tubuh manusia, termasuk bakteri baik yang kita butuhkan untuk menjaga kesehatan.

Sabun anti bakteri sebaiknya digunakan jika kita habis beraktivitas sangat kotor, seperti sehabis lari dan main lumpur atau berkeringat sangat banyak. Untuk keperluan mandi biasa sehari-hari, kita bisa menggunakan sabun ringan yang terbuat dari bahan organik.

(Visited 144 times, 1 visits today)