Hewan Kurban Stress Bisa Sebabkan Rasa Daging Kurban Jadi Tak Enak

282 views Leave a comment
Hewan Kurban Stress Bisa Sebabkan Rasa Daging Kurban Jadi Tak Enak

Dailymoslem – Di bulan Dzulhijjah, pemandangan sapi dan kambing yang dijajakan di sepanjang jalan atau diikat di lapangan merupakan pemandangan yang wajar terlihat. Di bulan ini, banyak umat Muslim mencari kambing untuk kurban, mulai dari yang mencari secara mandiri maupun kolektif oleh pengurus RW.

Namun, ternyata kondisi hewan kurban yang stress juga bisa menyebabkan rasa daging kurban nantinya jadi tidak enak disantap. Apalagi, saat musim kurban banyak hal yang bisa menyebabkan hewan kurban menjadi stress, misalnya terlalu lama di dalam kendaraan truk, terlalu lama diikat atau mungkin perilaku penyembelihan yang tidak mempertimbangkan adab-adab tertentu pada hewan kurban.

“Rasa dagingnya bisa menjadi kecut dan alot,” ujar Dr Hanung Danar Dono, peneliti produk halal dari Fakultas Peternakan Universitas Gadjah Mada (UGM), dilansir dari detik.com.

Salah satu hal yang bisa menyebabkan hewan kurban stress adalah metode penyembelihan yang tidak benar, seperti hewan qurban yang belum benar-benar mati setelah disembelih. Menurut Hanung, cara penyembalihan yang benar adalah dengan memotong tiga saluran pada leher hewan, yaitu saluran nafas, saluran makanan dan saluran oembuluh darah arteri karotis dan vena jugularis.

Sedangkan cara mengecek bila hewan sudah mati adalah dengan melihat pada refleks mata, refleks ekor dan refleks kuku. Jika ketiga bagian tubuh tersebut masih bereaksi saat tersentuh, berarti hewan kurban belum benar-benar mati.

Selain itu, sebaiknya hindari juga hewan kurban stress sebelum disembelih dengan cara menjauhkan hewan dari pisau sembelih, menjauhkan hewan qurban yang belum disembelih dengan hewan lain yang disembelih, juga menjauhkan kerumunan anak-anak saat proses penyembelihan.

(Visited 191 times, 1 visits today)