Heboh Virus Zika, Masyarakat Indonesia Juga Harus Waspada

203 views Leave a comment
Heboh Virus Zika, Masyarakat Indonesia Juga Harus Waspada

Dailymoslem – Beberapa waktu belakangan, masyarakat dunia diresahkan dengan virus zika yang mengkhawatirkan. Virus ini paling rawan menyerang ibu hamil, karena dapat membuat ibu yang terinfeksi tersebut melahirkan bayi dengan kelainan tulang tengkorak dan pengecilan otak atau microcephaly.

Virus zika awalnya ditemukan dalam seekor monyet di Uganda, Afrika Tengah, pada tahun 1940. Virus ini kemudian menular pada manusia melalui nyamuk aedes aegypti, tepatnya pada tahun 1954 saat pertama kali ditemukan virus ini di Nigeria. Virus ini dapat mengakibatkan bayi yang dilahirkan mengalami cacat permanen.

Heboh Virus Zika, Masyarakat Indonesia Juga Harus Waspada

Perbedaan kepala bayi normal dan bayi yang terinfeksi virus Zika

Heboh Virus Zika, Masyarakat Indonesia Juga Harus Waspada

Saat ini, virus Zika menyebar di kawasan Amerika Latin, Karibia dan Brazil. Menurut para pakar kesehatan di Brazil, virus ini awalnya mewabah di Brazil karena dibawa oleh pecandu sepakbola yang menyaksikan kejuaraan sepak bola pada tahun 2014 lalu.

Bagaimana caranya mengantisipasi penyebaran virus zika ini?

Hingga saat ini, dilaporkan bahwa virus zika bisa tersebar melalui gigitan nyamuk aedes aegypti. Nyamuk yang menggigit orang yang terinfeksi virus ini akan menyebarkan virus ini pada orang selanjutnya yang digigitnya. Jika orang tersebut sedang hamil, maka risikonya adalah ibu melahirkan bayi yang mengalami pengecilan tengkorak dan otak. Pada orang dewasa, gejala virus ini antara lain demam, ruam, rasa sakit di sendi, mata memerah dan juga bisa berakibat kelumpuhan.

Heboh Virus Zika, Masyarakat Indonesia Juga Harus Waspada

Beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk melakukan pencegahan virus ini adalah tetap menjaga lingkungan kita dalam keadaan bersih, agar tidak ada nyamuk aedes aegypti yang tinggal di sekitar lingkungan kita. Misalnya dengan menutup penampungan air dan juga tidak membiarkan sampah menumpuk.

Selain itu, kita juga bisa melakukan pencegahan dengan tidak bepergian ke negara-negara yang sedang terinfeksi virus ini. Beberapa negara yang sedang diwabahi virus ini antara lain adalah Amerika, Denmark, Finlandia, Portugal, Jerman dan Inggris, Minnesota, Texas, Hawai, Florifa dan Illinois.

Dari berbagai sumber.

(Visited 474 times, 1 visits today)