Heboh, Uang Baru Indonesia Ada Logo Palu Arit Dan Mirip Mata Uang Cina?

5822 views Leave a comment
Heboh, Uang Baru Indonesia Ada Logo Palu Arit Dan Mirip Mata Uang Cina?

Dailymoslem – Heboh tampilan uang baru 2017, netizen menumpahkan pendapatnya melalui sosial media. Tampilan baru uang kertas menampilkan 11 pahlawan nasional baru selain Ir Soekarno dan Mohammad Hatta. Mereka adalah Ir Djuanda Kartawidjaja, Dr GSSJ Ratulangi, Frans Kaisiepo, KH Idham Chalid, Moehammad Hoesni Thamrin, Tjut Meutia, I Gusti Ketut Pudja, Letjen TNI TB Simatupang, Dr Tjipto Mangunkusumo dan Prof Dr Herman Johannes.

Desain uang kertas baru NKRi pun terlihat lebih berwarna, dan dilengkapi pengaman terbaru. Tercatat ada 12 hal yang membuat uang desain baru ini akan jauh lebih sulit untuk dipalsukan, yaitu: Rainbow feature, Colour shifting, Latent image, Blind code, Rectroverso, Banknote paper, Ultra violet, Fitur pelangi, Irisafe, Mikroteks, Watermark dan juga Tactile effec.

Mengenai teknologi pengamanan desain uang baru ini, netizen dihebohkan dengan logo dalam uang yang ditengarai mirip sebagai palu arit. Lebih jauh netizen menggap bahwa hal tersebut  merupakan bagian penyisipan doktrin Partai Komunis Indonesia (PKI) yang mengindikasikan kebangkitannya.

Namun ternyata, logo tersebut merupakan teknologi rectoverso atau gambar saling isi. Jika di hadapkan pada sinar, maka logo tersebut akan memperlihatkan gambar sisi lainnya dan akhirnya membentuk logo BI secara sempurna.

Teknologi Rectoverso yang ditenggarai sebagai gambar palu arit
Teknologi Rectoverso yang ditengarai sebagai gambar palu arit
Teknologi rectoverso
Jika dihadapkan pada cahaya, maka akan terbentuk logo sempurna BI

Selain itu, netizen juga mengkritik bahwa desain baru ini hampir mirip dengan desain Yuan, yang merupakan mata uang negara China. Seperti postingan facebook  Nina Asterly. Ia mengatakan bahwa uang Indonesia menjadi mirip dengan Yuan.

Status Facebook Nina Asterly
Status Facebook Nina Asterly

 

Dari segi warna, uang baru NKRI 2017 memang sedikit sama dengan Yuan, China. Namun jika kita lihat wujud uang kertas negara lain seperti Euro, Peso atau Ringgit juga memiliki karakteristik yang hampir sama.

Tampilan Euro
Tampilan Euro
Tampilan Mata Uang Peso
Tampilan Mata Uang Peso
Tampilan Mata Uang Ringgit
Tampilan Mata Uang Ringgit
(Visited 1 times, 1 visits today)