Heboh Imam Operasikan Ponsel Saat Shalat

339 views Leave a comment
imam main hp

Dailymoslem – Netizen dihebohkan oleh video Imam shalat yang mengoprasikan ponsel di tengah-tengah shalatnya. Pemandangan seperti ini sangat tidak lazim, bahkan di negara yang mayoritas muslim seperti di Indonesia. Video tersebut direkam saat Ustadz Khairul Ikhwan mengimami shalat isya dan tarawih. Berikut Videonya.

Video lengkap shalat isya dan tarawih yang diimami oleh Ustadz Khairul Ikhwan dapat ditonton dibawah ini.

Para ulama memiliki pendapat yang berbeda-beda mengenai membaca Al-quran saat shalat dari mushaf langsung. Beberapa ulama menganggap membaca mushaf termasuk membolak-balikannya merupakan gerakan yang terlalu banyak. Sehingga akan mengurahi kekhusyuan shalat.

Al-Kasani menyebutkan,

ولو قرأ المصلي من المصحف فصلاته فاسدة عند أبي حنيفة. وعند أبي يوسف و محمد: تامة ويكره. وقال الشافعي: لا يكره.

“Jika ada orang yang shalat sambil membaca mushaf, maka shalatnya batal menurut Imam Abu Hanifah, sementara menurut Abu Yusuf dan Muhammad asy-Syaibani (dua murid senior Imam Abu Hanifah), shalatnya sah, namun makruh. Kemudian Imam asy-Syafii berpendapat, “Tidak makruh.” (Bada’i ash-Shana’i, 1:236).

Sementara itu, riwayat lain menyebutkan bahwa Aisyah Radhiyallahu Anha pernah diimami shalat oleh salah satu budaknya dan budah tersebut membuka mushaf.  Imam Bukhari membawakan dalam kitab shahihnya,

وَكَانَتْ عَائِشَةُ يَؤُمُّهَا عَبْدُهَا ذَكْوَانُ مِنَ الْمُصْحَفِ

Aisyah pernah diimami oleh budahnya Dzakwan dan ketika ia membaca langsung dari mushaf.

Nah, bagaimana menurut Anda?

Baca juga:

Tindakan Paling Benar Ketika Hp Berdering Saat Shalat

Bolehkah Tidak Menggunakan Mukena Saat Shalat?

(Visited 792 times, 1 visits today)