Hati-Hati Wanita Berisiko Tiga Kali Lipat Idap Varises

80 views Leave a comment
Hati-Hati Wanita Berisiko Tiga Kali Lipat Idap Varises

DailymoslemTonjolan biru yang berkerut-kerut dipermukaan betis dan bagian kaki lainnya memang sangat tidak enak dipandang. Ya, varises memang sangat mengganggu penampilan juga menimbulkan bahaya pada penderita.

Apa itu Varises?

Varises atau bahasa ilmiahnya disebut dengan cronic venouse disease, adalah kondisi yang diakibatkan oleh adanya gangguan fungsi pada katup-katup pembuluh darah balik (vena). Gangguan tersebut membuat darah tidak bisa kembali dialirkan ke jantung. Akhirnya terjadi penimbunan darah dan pembengkakan pada vena.

Pada dasarnya semua bagian tubuh bisa terkena penyakit yang satu ini, tetapi kebanyakan orang mengalaminya pada bagian kaki. Mulai dari bagian lipatan paha hingga ke bawah menuju telapak kaki.

Meski banyak terdapat pada kaki, ternyata varises bisa menyebabkan kematian. penggumpalan darah yang menyumbat aliran darah akan menyulitkan pengembalian darah ke jantung dan paru-paru. Hal tersebut bisa berujung kematian mendadak.

Varises juga menimbulkan koreng atau luka yang menahun di matak kaki, serta mematikan jaringan disekitar vena. Sehingga kaki menjadi kaku dan jaringan otot dengan tulang seperti menyatu tanpa lemak yang melapisi.

Apa penyebab varises?

Penyebab varises adalah kurang gerak dan berolahraga. Terlalu lama duduk dan tidak menggerakan kaki atau berdiri terus menerus juga dapat mengakibatkan varises. Selain itu, adanya ketidakseimbangan dalam hormon selama kehamilan serta obesitas menjadi salah satu faktor resiko varises.

Nah, bagi kaum wanita hati-hatilah karena risiko varises pada wanita lebih besar tiga kali lipat daripada pria. Namun tenang saja, ada sejumlah metode pengobatan varises. Mulai yang sederhana seperti pemakaian compression stocking hingga pembedahan.

Namun begitu, mencegah lebih baik daripada mengobati bukan? Oleh karena itu, perbanyak olahraga minimal 2 kali dalam seminggu. Setidaknya lakukan pemanasan selama tiga puluh menit setiap harinya. Regangkan kaki hingga benar-benar relax.

 

(Visited 87 times, 1 visits today)