Hati-Hati Tukar Uang THR Sembarangan, Bisa Riba!

115 views Leave a comment
Hati-Hati Tukar Uang THR Sembarangan, Bisa Riba!

Dailymoslem – Bagi-bagi THR menjadi salah satu kebiasaan yang seringkali dilakukan saat momen lebaran. Biasanya, uang yang diberikan sebagai THR adalah uang baru yang masih rapi dan kaku dengan nominal kecil seperti dua ribu, lima ribu atau sepuluh ribuan.

Kebiasaan bagi-bagi THR tersebut membuat banyak orang berbondong-bondong menukarkan uang lamanya dengan uang baru. Ini tentunya membuka sebuah peluang usaha baru yaitu jasa penukaran uang. Ya, sekarang sudah mudah sekali menemukan jasa penukaran uang ini. Sepanjang jalan, akan ada orang-orang yang berjejer sembari menenteng tumpukan uang baru yang siap ditukar dengan uang lama.

Sistem penukarannya pun cukup mudah, hanya menyerahkan uang dengan nominal yang dikehendaki kemudian kita akan mendapatkan uang baru. Sayangnya, uang baru tersebut akan kurang dari uang lama yang ditukarkan. Itung-itung imbalannya. Dari situlah orang-orang ini mendapatkan untung.

Tapi hati-hati. Penukaran uang dengan cara seperti itu tidak dibenarkan secara syar’i, bahkan jatuh pada praktik riba. Dalam Islam, ada enam barang ribawi yang jika ditukarkan dengan barang sejenis harus dalam ukuran yang sama dan tunia. Barang-barang tersebut adalah, emas, perak, gandum halus, gandum kasar, kurma, dan garam. Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda,

“Jika emas dibarter dengan emas, perak ditukar dengan perak, gandum bur (gandum halus) ditukar dengan gandum bur, gandum syair (kasar) ditukar dengan gandum syair, korma ditukar dengan korma, garam dibarter dengan garam, maka takarannya harus sama dan tunai. Jika benda yang dibarterkan berbeda maka takarannya boleh sesuka hati kalian asalkan tunai” (HR. Muslim 4147).

Jadi hindari penukaran uang dengan imbalan dan sebaiknya pilih menukarkan uang di Bank Indonesia (BI) atau Bank-Bank  Umum juga BPRS yang ditunjuk BI yang membuka jasa penukaran uang tanpa riba.

(Visited 66 times, 1 visits today)