Hati-Hati Tomat Ternyata Dapat Picu Asam urat

85 views Leave a comment
Hati-Hati Tomat Ternyata Dapat Picu Asam urat

Dailymoslem – Asam urat kerap kali ditemui pada mereka yang sudah menginjak umur 50-an. Tentunya hal ini juga tidak hanya disebabkan oleh bertambahnya umur tetapi juga kebiasaan sehari-hari, seperti asupan makanan dan juga olahraga. Tingginya kadar asam urat, dapat menyebabkan kristal asam urat menumpuk pada celah sendi bahkan menyebabkan batu ginjal.

Keluhan asam urat seperti sendi yang sakit ini biasanya disebabkan oleh beberapa faktor tertentu. Salah satunya adalah makanan yang dikonsumsi. Seperti yang kita ketahui, beberapa makanan yang menyababkan asam urat antara lain adalah seafood, daging merah dan beberapa jenis sayuran.

Sedangkan, makanan seperti buah yang kaya akan vitamin C, kopi dan juga susu dinilai dapat mengurangi keluhan asam urat. Meski begitu, ada sebuah fenomena bahwa para penderita asam urat malah menghindari tomat yang kita tahu merupakan sayuran yang mengandung banyak vitamin C.

Hal ini kemudian diteliti oleh para ahli dari Universitas Otago, Selandia Baru.  penelitian ini melibatkan sekitar 2051 pria dan wanita yang mengidap asam urat di New Zealand. Dari 71% peserta diketahui memiliki makanan yang merupakan pencetus yang rata-rata merupakan seafood, alkohol dan daging merah.

Selain itu ditemukan juga bahwa 20% penderita menyebutkan bahwa tomat merupakan salah satu hal yang menyebabkan asam urat kambuh. Setelah diteliti ternyata sayuran berwarna merah ini memang berhubungan dengan kenaikan asam urat dalam darah. Oleh karena itu, meskipun tomat memiliki kandungan vitamin C yang besar sebaiknya dihindari saja untuk memperkecil risiko naiknya kadar asam urat.

Baca Juga:

Tips Memilih dan Menyimpan Sayuran Agar Tak Berkurang Nilai Nutrisinya

Pola Makan Yang Tersehat Ternyata Pola Makan Tradisional Orang Indonesia

Hati-hati, 7 Makanan Sehat Ini Ternyata Bisa Bahaya Jika Diperlakukan Salah

 

(Visited 100 times, 2 visits today)



RELATED ITEMS