Hati-Hati, Ternyata Kucing Dapat Menularkan Penyakit Berbahaya Ini

856 views

Dailymoslem – Kucing adalah salah satu hewan yang paling banyak dipelihara oleh manusia. Bukan hany lucu, memelihara kucing juga dapat menjadi penawar stress yang ampuh. Kelakukannya yang lucu serta perawakannya yang berbulu menjadi kesenangan tersendiri bagi para pencinta kucing.

Tapi kita juga harus berhati-hati loh dalam memelihara kucing. Jangan samapai karena kita terlalu sayang pada kucing, kita tidak memperhatikan kebersihan diri kita sendiri. Karena kucing ternyata dapat menyebarkan penyakit yang mengerikan juga loh. Berikut adalah beberapa penyakit yang bisa ditularkan oleh kucing.

Infeksi Cacing

Bukan hanya babi atau anjing, ternayat kucing juga dapat menularkan cacing gelang, cacing tambang dan juga cacing pita pada manusia. Proses penularannya bisa terjadi lewat sentuhan dengan air liur atau juga kotoran kucing yang telah terinfeksi parasit. Telur cacing tersebut dapat masuk dan tumbuh dalam sistem pencernaan.

(Baca juga: Subhanallah, Kucing Baik Hati Ini Memeluk Kucing-Kucing Lain yang Sakit Agar Cepat Sembuh)

Kurap

Perlu diketahui bahwa, kucing yang masih kecil lebih memungkinkan untuk menularkan penyakit. Kucing dapat menularkan penyakit kulit kurap yaitu penyakit yang mengakibatkan efek kasar pada kulit, bersisik dan ruam kemerahan serta rasa gatal yang menjadi. Penyakit ini ditularkan oleh kucing yang terinfeksi atau tidak bersih.

(Baca juga: 

Toxoplasma

Penyakit ini umum ditularkan parasit yang dapat menyebar dari kotoran kucing yang telah kering. Sebaiknya para wanita menghindari kucing apalagi saat mengandung. Toxoplasma ini bisa ditularkan dari kotoran kucing maupun tanah yang tercemar. Toxoplasma menyebabkan seseorang seperti terserang flu dan biasanya hilang dalam beberapa hari. Namun parasitnya masih data hidup dan tumbuh dalam tubuh manusia. Wanita hamil yang terinfeksi dapat menyebabkan janin mengalami kecacatan.

Untuk menghindari penyakit-penyakit tersebut, pastikan kebersihan kucing yang dipelihara. Usahakan untuk membawanya ke dokter hewan secara teratur. Selain itu, cuci tangan setelah kamu melakukan kontak fisik dengan kucing. Semoga bermanfaat.

(Visited 524 times, 1 visits today)



[shareaholic app="recommendations" id="15559134"]