Hati-Hati, Terlalu Fokus Pada Smartphone Bisa Sebabkan Tuli Sejenak

69 views Leave a comment
Hati-Hati, Terlalu Fokus Pada Smartphone Bisa Sebabkan Tuli Sejenak

Dailymoslem – Di zaman seperti sekarang ini, smartphone sudah menjadi bagian dari diri, benda yang akan membuat seseorang kehilangan setengah dari dirinya kalau sampai ketinggalan di rumah.

Kecanduan akan smartphone juga memiliki beberapa dampak buruk untuk kesehatan. Mulai dari kesehatan mata, kesehatan otak, sampai kesehatan tulang. Bahkan, menurut sebuah penelitian terbaru yang dilansir dari Science Daily (14/12), terlalu fokus pada smartphone dapat menyebabkan seseorang mengalami tuli sejenak.

Mungkin beberapa orangtua pernah mengalami anaknya tidak memedulikannya dipanggil namanya saat sedang bermain gadget, hal ini bukan karena si anak mengabaikan suara yang memanggilnya, tapi ia benar-benar tidak dapat mendengar suara tersebut karena terlalu fokus pada gadget.

Hal ini dibuktikan oleh penelitian yang dilakukan oleh UCL (University College London) Ear Institute. Dalam penelitian tersebut, para relawan yang diberi tugas visual dengan konsentrasi penuh tak dapat mendengar suara yang normalnya bisa mereka dengar.

“Ini merupakan studi laboratorium eksperimental yang merupakan satu dari cara kami bisa menarik kesimpulan sebab-akibat. Kami menemukan bahwa ketika relawan melakukan tugas visual dengan konsentrasi penuh, mereka tak bisa mendengar suara yang mereka normalnya bisa mendengar,” jelas wakil penyusun studi Dr Maria Chait dari UCL (University College London) Ear Institute.

“Alat pemindai otak menunjukkan bahwa orang-orang bukan hanya mengabaikan suara, mereka memang tidak mendengarnya.”

Fenomena tuli sejenak merupakan kondisi saat seseorang gagal menyadari suara ketika sedang berkonsentrasi terhadap sesuatu.¬†Bagaimanapun, ini pertama kalinya mereka mampu menentukan dengan cara mengukur aktifitas otak menggunakan MEG (magnetoencephalography), yang efeknya dikendalikan oleh mekanisme otak pada tahap awal proses auditori, yang membuat orang-orang jadi ‘tuli’ terhadap bunyi-bunyi normal.

Kondisi ini juga tidak hanya terjadi pada saat kita terlalu fokus pada smartphone, tapi juga pada saat kita fokus pada game, buku, televisi, atau mungkin ketika kita berkendara dan tertarik pada papan reklame atau sesuatu di jalanan.

“‘Tuli sejenak’ merupakan pengalaman umum di kehidupan sehari-hari, dan sekarang kita tahu kenapa,” ungkap wakil penyusum Profesor Nilli Lavie dari UCL Institute of Cognitive Neuroscience.¬†“Ini memiliki implikasi lebih serius dalam situasi seperti pekerjaan mengoperasikan teater, atau saat ahli bedah bekerja dan peralatan berbunyi. Juga ketika pengendara melihat iklan atau bahkan sekedar tertarik pada pejalan yang lewat. Pejalan yang berkonsentrasi melihat ponsel, seperti mengirim SMS ketika berjalan, juga cenderung mudah mengalami ‘tuli tak disengaja’,” ungkap wakil penyusum Profesor Nilli Lavie dari UCL Institute of Cognitive Neuroscience.

“Suara keras seperti sirine atau klakson cukup lantang untuk terdengar, namun suara yang lebih pelan seperti bel sepeda atau mesin mobil akan sulit didengar,” tutup Levi seraya memperingatkan bahaya fenomena ‘tuli sejenak’ itu.

(Visited 90 times, 1 visits today)