Hati-Hati Terlalu Banyak Mengkonsumsi Garam Dapat Menyebabkan Gangguan Ini

93 views Leave a comment
Hati-Hati Terlalu Banyak Mengkonsumsi Garam Dapat Menyebabkan Gangguan Ini

Dailymoslem – Agar makanan yang dimasak lebih nikmat, ada beberapa bumbu yang dicampurkan kedalamnya. Salah satu bumbu dapur yang selalu ada dalam setiap masakan adalah garam.

Meskipun rasanya asin, jika dicampurkan dengan bahan lain seperti gula maka garam akan membuat makanan semakin lezat. Selain itu, garam juga mengandung sodium yang dibutuhkan  tubuh. Namun ternyata terlalu banyak mengkonsumsi garam malah akan merusak kesehatan oragan-organ berikut ini.

Ginjal

Organ ginjal berfungsi menyaring darah dari zat sisa dalam tubuh. Jika kita terlalu banyak mengkonsumsi garam, cairan di tubuh bisa bekerja lebih keras menyaring garam untuk dikeluarkan dari tubuh. Terlalu lama mengalami ini, maka ginjal akan mengalami gagal ginjal.

Jantung

Organ vital satu ini berfungsi untuk memompa darah yang mengandung oksigen ke seluruh tubuh. Nah, jika tubuh terlalu banyak mengandung garam, maka otot arteri akan mengalami penengangan otot sehingga menimbulkan nyeri dada bahkan pecahnya pembuluh darah arteri dan menyebabkan serangan jantung mendadak.

Otak

Kelebihan garam juga membuat otot syaraf otak menjadi tegang. Hal ini akan menyebabkan demensia atau melemahnya ingatan dan menurunkan oksigen serta nutrisi otak. Parahnya lagi, jika otot menegang dengan berlebihan, pembuluh darah bisa saja pecah di sekitar otak dan menyebabkan kematian mendadak.

Sama halnya dengan makanan atau minuman lain, jika terlalu berlebihan di konsumsi maka garam akan mengakibatkan hal buruk.

Baca juga:

Kecepatan Jalan Ternyata Dapat Memprediksi Potensi Alzheimer

Cegah Pikun dengan Brain Healthy Lifestyle

Hati-Hati Kebiasaan Nonton Sambil Nyemil Bisa Rusak Otak

(Visited 107 times, 1 visits today)



RELATED ITEMS