Hati-Hati Stress Dapat Sebabkan Pikun di Usia Muda

103 views Leave a comment
Hati-Hati Stress Dapat Sebabkan Pikun di Usia Muda

Dailymoslem – Selama ini pikun diidentikan dengan usia lanjut. Semakin tua seseorang maka semakin parah kondisi pikunnya. Namun selain pertambahan usia ternyata pikun juga bisa disebabkan dari stress yang berlebihan.

Fakta ini disebutkan oleh peneliti dari Ohio State University, Jonathan Godbout. Setelah melakukan penelitian dengan beberapa ekor tikus, ia mengungkap bahwa tikus yang mengalami stress mendapatkan kerusakan di beberapa bagian otaknya. Journal of Neuroscience memaparkan bahwa bagian otak yang rusak akibat stress berkepanjangan adalah hippocampus yang berfungsi sebagai pengontrol daya ingat.

hippocampus

Godbout sendiri seperti dilansir dari Dailymail, menyatakan bahwa stress berkepanjangan yang dimaksudnya adalah stress yang tersimpan dalam otak dan menyebabkan peradangan serius dan mengakibatkan gangguan pada beberapa bagian otak lainnya.

Parahnya, meski tikus-tikus tersebut diberikan obat pereda peradangan namun stress yang dialaminya masih ada padahal inflamasi sudah mulai menghilang. Inilah yang menyebabkan Godbout menyimpulkan bahwa stress berkepanjangan yang diderita berhubungan langsug dengan peradangan dalam otak dan menyebabkan rusaknya kekebalan tubuh dan ingatan.

Baca juga:

5 Cara Mengatasi Stress Saat Hamil

8 Cara Diet yang Salah Ini Justru Membuatmu Makin Gemuk Bahkan Stress

Stress Berlebih Bisa Sebabkan Uban Lebih Cepat Tumbuh

 

 

(Visited 86 times, 1 visits today)



RELATED ITEMS