Hati-Hati Shalat Menjadi Tidak Sah Karena Hal Sepele Ini

692 views
FI shalat kesehatan

Dailymoslem – Shalat adalah kewajiban umat muslim terhadap Allah Subhanahu wa Ta’ala. Berbondong-bondong umat muslim kemudian melakukanya atas ketaatan pada pemiliki alam semesta. Mungkin kita sendiri telah terbiasa melakukannya, lima kali sehari. Namun, apakah shalat kita sudah benar?

Banyak orang yang kemudian menganggap shalat hanya sekedar rutinitas wajib yang maknanya hilang. Maka kita shalat tanpa bertanggung jawab atas benar atau tidaknya shalat tersebut. Takbir tidak serius, rukuk tidak sempurna dan sujud pun hanya menyerahkan tubuh pada grafitasi tanpa memperhatikan tujuh tulang tumpuan sujud yang dikatakan Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam.

Ibnu Abbas Radhiyallahu Anhu  pernah mengatakan “Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam diperintahkan untuk melakukan sujud dengan bertumpu pada 7 anggota badan.” (HR.  Bukhari dan Muslim)

Aku diperintahkan untuk bersujud dengan bertumpu pada tujuh anggota badan: dahi – dan beliau berisyarat dengan menyentuhkan tangan ke hidung beliau – , dua telapak tangan, dua lutut dan ujung-ujung kaki.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Mungkin pernah kita tidak melakukan sujud dengan benar. Bisa karena ujung kaki (jari-jari kaki) tidak menempel ditanah atau dahi yang tidak menempel (bagi perempuan yang memakai dalaman kerudung seperti ciput topi). Hati-hati, sujud seperti itu membuat shalat yang dikerjakan menjadi tidak sah.

“Allah tidak menerima shalat bagi orang yang tidak menempelkan hidungnya ke tanah, sebagaimana dia menempelkan dahinya ke tanah.” (HR. Ibnu Abi Syaibah dalam al-Mushannaf 2710, Abdurrazaq dalam Mushannaf 2898, ad-Daruquthni dalam Sunannya 1335 dan dishahihkan Al-Albani).

Namun, jika salah satu tumpuan cedera. Misalnya salah satu lutut cedera dan tidak mungkin untuk menjadi tumpuan sujud, maka itu diperbolehkan. Kita bisa melakukan sujud dengan enam tumpuan sujud tanpa harus menumpukan satu lutut yang cedera tersebut.

Nah, maka dari itu yuk mulai perhatikan lagi shalat kita.

(Visited 1,159 times, 5 visits today)



RELATED ITEMS