Hati-Hati Nyeri Haid Terlalu Lama, Bisa Jadi Tanda Endrometriosis

110 views Leave a comment
Hati-Hati Nyeri Haid Terlalu Lama, Bisa Jadi Tanda Endrometriosis

Dailymoslem – Nyeri haid biasanya dianggap sebagai hal yang wajar dialami oleh seorang wanita. Namun ternyata, sakit seperti kram pegal dari daerah bawah perut hingga punggung tersebut jangan dianggap sepele karen bisa jadi merupakan tanda endrometriosis.

Endrometrosis sendiri terjadi karena lapisan endrometrium yang seharusnya hanya tumbuh di rahim (uterus) tumbuh juga di daerah lain seperti panggul dan lain sebagainya. Lapisan endrometrium yang tumbuh di luar tempatnya pun masih dapat merespon pada periode menstruasi sehingga teteap meluruh. Sayangnya, endrometrium yang tumbuh di luar tidak memiliki jalan keluar sehingga membuat bagian disekitarnya membengkak dan terasa sakit.

Gejala endrometriosis hampir sama dengan dysmenorrhea, namun neyerinya lebih parah dan berangsur lama. Bahkan setelah masa haid selesai, nyeri tersebut juga masih dirasakan. Sebaiknya, lansung lakukan pemeriksaan ke dokter apabila merasakan gejala nyeri haid yang lebih dari biasanya. Semakin cepat diatasi, makan semakin besar kemungkinan untuk terbebas dari endrometriosis.

Baca juga:

Cara Alami Mengatasi Sakit Punggung dan Kram Perut Saat Haid

Selalu Nyeri Saat Haid, Normalkah?

(Visited 83 times, 1 visits today)



RELATED ITEMS