Hati-Hati, Menyimpan Botol Minuman Di Dalam Mobil Hingga Berhari-Hari Ternyata Berbahaya!

1870 views

Dailymoslem – Kamu yang beraktivitas sehari-hari dengan menggunakan mobil pribadi mungkin sering meninggalkan sisa minuman botol di mobil, dan secara sadar ataupun tidak meminumnya lagi di keesokan harinya.

Terkadang saat turun dari mobil, kita tidak sempat untuk membawa juga botol minuman yang tadi kita beli dan tidak kita habiskan. Alhasil, keesokan harinya kita menemukannya lagi dan meminumnya lagi saat sedang haus di mobil.

Nah, kebiasaan kecil ini ternyata berbahaya lho, untuk kesehatan kamu. Terutama jika air botol yang kamu simpan di dalam mobil adalah botol kemasan plastik yang sebenarnya hanya boleh digunakan untuk sekali pakai. Air minum di botol yang didiamkan hingga lebih dari semalaman di dalam mobil akan terkontaminasi dengan zat kimia dari botol plastik karena suhu yang meningkat. Campuran zat kimia yang terkandung di dalam air ini bahkan bisa menyebabkan kanker.

“Biasanya botol atau gelas yang digunakan merupakan jenis plastik yang usia pakainya hanya sekali dan mudah untuk didaur ulang, Proses daur ulang sendiri dilakukan dengan cara memanaskan plastik hingga meleleh. Jadi jika botol atau gelas bawaan produsen air mineral itu terkena panas, zat-zat kimia yang terkandung dalam plastik akan larut dan mencemari air minum yang ada didalamnya.” Tutur Dr. Nandika Nurfitria dari klinik K24 Hankam Bekasi, dilansir dari otomotif.metrotvnews.com.

Menurut saran Dr. Nandika, sebaiknya kita membawa air minum dengan botol minum yang biasa kita gunakan untuk bekal atau tumblr, yang meski terbuat dari plastik tapi memiliki kualitas yang baik dan bukan botol plastik sekali pakai dari minuman botol yang biasa kita beli.

Memang, ada juga tim dokter yang mengatakan bahwa hal itu hanyalah mitos dan belum dibuktikan secara ilmiah. Namun, tidak ada salahnya kita mengurangi resikonya dengan membawa botol minuman sendiri. Lagipula, dengan membawa bekal minum kita juga bisa jadi lebih hemat dan tidak menyumbang sampah plastik.

(Visited 1,520 times, 1 visits today)