Hati-Hati, Membersihkan Kuping dengan Cotton Buds Bisa Berbahaya

89 views Leave a comment
Hati-Hati, Membersihkan Kuping dengan Cotton Buds Bisa Berbahaya

Dailymoslem – Membersihkan kuping dengan menggunakan cotton buds mungkin sudah menjadi kebiasaan kita setiap kali merasa gatal atau tak enak di bagian kuping. Namun, kebiasaan membersihkan kuping ternyata bisa berbahaya bagi kesehatan kuping.

Menurut penilitian setiap tahun, sekitar 7.000 orang di Inggris masuk ke rumah sakit dengan luka di telinganya karena Cotton Buds atau kapas yang digunakan untuk membersihkan kuping.

Hal ini terjadi karena cotton buds yang terlalu masuk ke dalam kuping dan kita mendorongnya terlalu kuat, sehingga akhirnya merobek gendang telinga yang sangat tipis. Hal ini dapat menyebabkan penyumbatan dan gangguan pendengaran.

Selain cara membersihkan, waktu membersihkannya juga bisa berpengaruh. Sebaiknya membersihkan kuping jika kotoran sudah terlihat dari luar. Jika kotoran belum terlihat dari luar maka telinga jangan dulu dibersihkan.

Saat membersihkan, jangan dorong terlalu dalam karena kotoran telinga pasti berada di luar gendang telinga. Bersihkan dengan gerakan sedikit naik dan turun agar semua kotoran dapat terangkat.

 

(Visited 130 times, 1 visits today)