Hati-Hati, Kebiasaan Makan Sehat Ternyata Bisa Jadi Penyakit Kejiwaan

110 views Leave a comment
http://www.dailymoslem.com/food/resep-camilan-unik-dari-buah-buahan-panggang

Dailymoslem – Belakangan ini, trend makan sehat menjadi salah satu gaya hidup terkini yang banyak dikampanyekan. Banyak orang mengunggah foto sayuran mentah sebagai makan siangnya dengan hashtag #eatclean di berbagai media sosial seperti instagram. Namun, kebiasaan ini ternyata dapat menyebabkan masalah kejiwaan yang serius, bahkan bisa menyebabkan kematian.

Penyakit kejiwaan yang berkaitan dengan kebiasaan makanan telah muncul sebelumnya yaitu Anorexia Nervosa dimana penderita benar-benar mengurangi asupan makanan hingga dirinya ketakutan pada makanan dan menyebabkan kekurusan yang mengerikan.

Nah, untuk kasus makanan sehat, namanya adalah Orthorexia Nervosa yang membuat penderitanya ketakutan dengan makanan tertentu dan hanya nyaman dengan makanan yang dianggapnya sehat saja. Padahal, kita juga membutuhkan berbagai nutrisi lain seperti lemak dan protein.

Seperti dilansir dari Daily Mail, penelitian mengenai penyakit ini ditulis oleh Dr. Steven Bratman pada 1997. Meski belum diakui sebagai salah satu masalah kejiwaan dalam Diagnostic and Statistical Manual f Mental Disorders (DSM-5), namun Orthorexia Nervosa diakui oleh para ahli sebagai bagian dari salah satu penyakit kejiwaan Obsessive-Compulsive Disorder.

Seorang penggiat makanan sehat yang sudah mengakui bahwa dirinya memang memiliki masalah kejiwaan karena kebiasaannya ini adalah seorang food blogger asal New York bernama Jordan Younger.

Hati-Hati, Kebiasaan Makan Sehat Ternyata Bisa Jadi Penyakit Kejiwaan
Jordan Younger via eatclean.com

“Aku mulai terus membatasi jenis-jenis makanan yang boleh dimakan. Aku bahkan sering membuat lelucon tentang telur yang kami (dirinya dan teman-teman penggiat makanan sehat, red.) anggap sebagai makanan yang menakutkan,” ujar Jordan pada Daily Mail.

Saat ini Jordan Younger sedang menjalani diet makanan yang lebih seimbang daripada kebiasaan makan sehatnya yang berlebihan beberapa waktu belakangan.

Hiii ngeri ya! Hayo, siapa di antara kamu yang mulai kecanduan upload foto berhashtag #eatclean ke instagram?

(Visited 95 times, 1 visits today)