Hati-Hati Jika Langgar Peraturan Alun-Alun Bandung, Para LINMAS Wanita Ini Siap Peringatkan Anda

1689 views

Dailymoslem –  Ada yang berbeda di Alun-Alun Bandung. Setelah Ridwan Kamil menghamparkan rumput sintetis di depan Masjid Raya Bandung, kawasan Alun-Alun menjadi salah satu destinasi wisata yang banyak dikunjungi oleh masyarakat. Peraturan pun mulai di terapkan untuk menjaga kebersihan dan kenyamanan di kawasan tersebut. Sayangnya, masih saja ada masyarakat yang tidak mau ikut serta menjaganya.

Mengatasi hal itu,petugas LINMAS (pelindung masyarakat) mulai berkeliaran di wilayah Alun-Alun untuk membantu mengingatkan pengunjung agar mematuhi peraturan yang sudah dibuat. Ada yang unik dengan LINMAS yang bekerja di sana. Bukan hanya laki-laki saja yang dipekerjakan sebagai pelindung masyarakat, namun perempuan-perempuan cantik juga direkrut untuk turut serta membantu menjaga kenyamanan dan keamanan Alun-Alun Bandung.

Salah satu LINMAS wanita, Elis Tarmini  menuturkan bahwa dirinya baru dua bulan menjadi LINMAS dan bertugas di Alun-Alun Bandung bersama rekan-rekan lainnya. Awalnya ia direkrut oleh Kecamatan Gedebage dan mengikuti pendidikan di KODIM.

Memakai seragam khas LINMAS, lengkap dengan sepatu boot wanita-wanita perkasa ini ditugaskan untuk mengingatkan para pengunjung yang ketahuan melanggar peraturan. “Kita menghimbau pengunjung untuk mematuhi peraturan. Seperti yang buang sampah sembarangan, merokok dan PKL (Pedagang Kaki Lima).” Ujar Elis, linmas berhijab saat ditemui dailymoslem di Alun-Alun Bandung, Kamis (21/5).


Linmas Alun-Alun 2

Meskipun banyak petugas LINMAS yang berkeliaran, tapi masih saja ada beberapa pengunjung yang bandel melanggar peraturan. Bahkan ada saja yang masih ngeyel saat diberitahukan oleh petugas. “Kadang, ada ibu-ibu yang susah kalo dibilangin. Apalagi kalo sampah basah yang dibuangnya. Suka gamau mungut lagi padahal bekas sendiri, jadi kita yang harus terjun.” Tuturnya.

Selain menghimbau pengunjung, mereka juga ikut serta membantu SATPOL PP untuk menertibkan PKL yang berjualan di pelataran Masjid Raya dan Alun-Alun. “Pernah kemarin dibawa oprasi sama SATPOL PP, tapi belum berani buat nangkap. Kecuali disuruh atau didamping baru kita tangkap.” Tambah Elis tentang pekerjaannya sebagai LINMAS.

Setelah bekerja menjadi LINMAS, mereka mengaku bahwa semakin sadar untuk lebih berpartisipasi menjaga fasilitas umum. Mereka juga mengingatkan masyarakat untuk sama-sama menjaga kenyamanan lingkungan khususnya Kota Bandung. Jika kebersihan sudah terjaga kita sebagai penduduk Bandung bisa lebih nyaman hidup didalamnya.

 

 

(Visited 521 times, 1 visits today)