Hati-Hati, Ini Tandanya Jika Rumah Sudah Ditandai Maling

362 views Leave a comment
Hati-Hati, Ini Tandanya Jika Rumah Sudah Ditandai Maling

Dailymoslem – Saat melihat coretan-coretan di dinding, mungkin kita hanya menganggapnya sebagai kenakalan remaja atau geng motor. Namun berhati-hatilah, karena coretan tersebut bisa jadi sebagai salah satu ciri bahwa lokasi tersebut menjadi sasaran maling.

Berita ini dikabarkan oleh akun Facebook Warta RRI yang mengatakan bahwa ada sejumlah tanda atau kode yang biasa digunakan komplotan maling untuk menandai suatu lokasi sebagai sasaran. Kode tersebut antaralain adalah PA yang berarti posisi aman, dua atau tiga digit angka sebagai indikasi jam-jam aman melakukan aksi, juga strong yang berarti bahwa lokasi tersebut recommended sebagai target aksi.

Kode-kode tersebut biasnya ditinggalkan oleh salah satu pelaku yang melihat kondisi lokasi pada jam-jam tertentu, dimaksudkan agar kawanannya yang lain dapat membaca kode tersebut dan dapat melakukan aksi dengan aman.

Kode biasanya ditulis oleh chat piloks di benteng atau pagar rumah orang. Misalnya, kode PAB2 524-STRONG. PAB2 bisa berarti posisi aman di blok B2, 524 bisa berarti posisi yan aman untuk melakukan aksi mulai dari jam 17:00 (5) dan mulai jam 02.00-04.00 (24). Biasanya ditambahkan juga tanda cross merah (X atau +) yang berarti di lokasi ada satpam atau penjaga, sedangkan cross putih (X atau +) yang berarti tidak ada satpam di lokasi.

Hati-Hati, Ini Tandanya Jika Rumah Sudah Ditandai Maling

Jika menemukan kode-kode tersebut, sebaiknya segera cat ulang agar kode tersebut hilang dari permukaan tembok, bisa juga berjaga-jaga dan melaporkan hal tersebut ke RT setempat atau polisi.

(Visited 859 times, 1 visits today)