Hati-Hati, Ini Bahaya Membiarkan Bayi Tidur Di Car Seat

119 views Leave a comment
Hati-Hati, Ini Bahaya Membiarkan Bayi Tidur Dibiarkan Tidur Di Car Seat

Dailymoslem – Saat membawa anak dalam perjalanan jauh menggunakan mobil pribadi, mungkin kita terbiasa menempatkan bayi di car seat agar ibu tidak perlu repot menggendongnya dalam jangka waktu lama. Atau, bisa jadi kita menyetir sendiri dan tidaka ada yang menggendong si kecil.

Namun, membiarkan bayi hingga tertidur di car seat ternyata bisa membahayakan keselamatan bayi, bahkan bisa menyebabkan kematian. Dilansir dari Dailymail, Senin (22/11), dalam penelitian yang dipublikasikan di The Journal Pediatrics menemukan ada 31 bayi yang tercekik oleh tali pengaman dari kursi khusus bayi ini. Bayi-bayi tersebut bahkan juga meninggal dalam kondisi demikian.

Penelitian tersebut berdasar dari analisa statistik kematian bayi di dalam mobil yang terjadi antara bulan April 2004 hingga Desember 2008, tercatat 46 bayi meninggal dalam rentang waktu tersebut.

Lebih lanjut dijelaskan, dalam semua kasus tersebut ada waktu antara 4 menit hingga 11 jam sejak bayi pertama kali didudukkan di kursi tersebut hingga ditemukan tidak bernyawa. Dengan kata lain, bayi bisa tewas di car seat dalam saktu sesingkat 4 menit saja.

“Bayi dan anak-anak tidak boleh dibiarkan tanpa pengawasan saat menggunakan kursi khusus atau perangkat sejenis karena berisiko tercekik yang bisa berbuntut kematian,” ujar Dr Erich K. Batra, kepala riset dan juga dokter spesialis anak dari Penn State Medical Centre, Pennsylvania, Amerika Serikat (AS).

Menurut Batra, hal ini bisa terjadi karena saluran pernapasan bayi masih sangat lembut, mereka juga belum memiliki kekuatan untuk bergerak atau mengangkat leher. “Saluran pernapasan mereka dapat tertutup sebagai akibat dari posisi duduk yang salah, dan akhirnya mati lemas,” jelasnya.

Karenanya, riset ini merekomendasikan para orang tua agar menidurkan anaknya di keranjang bayi saja, jika mereka memang harus ikut berpergian menggunakan mobil. Posisi telentang jelas lebih baik karena tidak menutup saluran pernapasan bayi.

(Visited 261 times, 1 visits today)