Hati-Hati, Ini 10 Makanan Penyebab Kanker yang Sering Ada Dalam Menu Sehari-Hari

103 views Leave a comment
Hati-Hati, Ini 10 Makanan Penyebab Kanker yang Sering Ada Dalam Menu Sehari-Hari

Dailymoslem – Penyakit berbahaya seperti kanker bisa timbul dari kebiasaan kita sehari-hari dalam memperlakukan tubuh, alias memilih makanan yang kita konsumsi untuk keperluan tubuh.

Gaya hidup yang dekat dengan makanan cepat saji juga bisa menjadi salah satu penyebab kanker yang berperan besar. Misalnya 10 makanan yang sering ada dalam menu sehari-hari berikut ini, merupakan makanan penyebab kanker yang berbahaya.

Daging Olahan

Menurut penelitian yang dilakukan oleh World Cancer Research Fund (WCRF), daging olahan ternyata terlalu berbahaya untuk dikonsumsi manusia. Penelitian yang ditunjang dengan 7.000 studi klinis ini menyarankan pada manusia untuk berhenti membeli dan makan semua produk daging olahan dalam sisa hidup mereka jika ingin menjauhi kanker.

Yang dimaksud dengan daging olahan adalah semua daging merah yang telah dibekukan dan siap disajikan seperti kornet, sosis, hot dog, sandwich daging, pepperoni dan masih banyak lagi. Daging olahan ini biasanya diproduksi dengan bahan karsinogenik yang dikenal sebagai natrium nitrit. Bahan ini menghasilkan pembentukan nitrosamin yang menyebabkan kanker dalam tubuh manusia.

Minuman Bersoda

Selain kandungan gula atau glukosanya yang bisa menyebabkan kegemukan, minuman bersoda juga ternyata kaya akan pengawet yang bisa memicu kanker dalam tubuh. Porsi paling aman untuk minum minuman bersoda adalah satu kaleng soda berukuran sedang. Tapi tidak tiap hari juga, ya!

Minyak Terhidrogeneri

Seperti apa itu minyak terhidrogenesi? Yaitu minyak yang telah digunakan menggoreng berkali-kali. Jadi, mulai sekarang stop jajan sembarangan. Banyak penjual makanan digoreng yang minyaknya tidak pernah diganti untuk menekan biaya produksi.

Tepung Terigu

Tepung terigu dapat meningkatkan kadar gula dalam darah yang dapat membuat sel kanker mudah berkembang. Selain itu, tumor juga bisa berkembang dengan memakan gula dalam darah.

Makanan yang Dibakar atau Dipanggang

Makanan yang dipanggang biasanya lebih gosong di beberapa bagian. Sebaiknya hindari bagian yang gosong karena mengadung karsinogen yang dapat menyebabkan kanker.

Makanan Kemasan

Makana kemasan biasanya diolah dengan menggunakan pengawet dan MSG yang bisa menyebabkan berbagai penyakit termasuk kanker.

Keripik dan Kerupuk

Keripik dan kerupuk juga mengandung zat karsinogenik yang terbentuk pada saat makanan tersebut dimasak dalam suhu tinggi seperti dipanggang atau digoreng. Untuk mendapatkan rasa yang crispy, makanan tersebut tentu harus melewati proses memasak dengan suhu yang tinggi.

Makanan-makanan di atas tersebut mungkin masih bisa dikonsumsi dalam porsi yang wajar, tapi konsumsi yang berlebihan bisa membuat sel kanker lebih bebas berkembang. Sebaiknya tetap seimbangkan asupan makanan dengan mengonsumsi buah-buahan, sayuran hijau dan makanan sehat lainnya.

(Visited 526 times, 1 visits today)