Hati-Hati Es Batu Yang Anda Makan Mungkin Mengadung Ribuan E-Coli Pemicu Berbagai Macam Penyakit

830 views

Dailymoslem –  Meneguk minuman dingin ditengah cuaca yang panas adalah kenikmatan tersendiri yang tidak akan bisa diganti dengan apapun. Sensasi dingin dan segar langsung mengalir menghilangkan dahaga karena kepanasan. Biasanya minuman dingin yang menyegarkan itu jika tidak dingin karena di masukan kedalam freezer bisa juga ditambahkan es batu.

Namun tahu kah ada bahaya mengintai dibalik es batu yang segar itu? Dalam salah satu acara televisi beberapa tahun lalu, diberitakan bahwa pelancong asing yang datang ke Jakarta dihimbau untuk tidak membeli minuman dingin sembarangan oleh rekan-rekannya yang telah lebih dahulu pernah mengunjungi kota megapolitan tersebut, apalagi jika membeli di warung-warung kecil pinggir jalan.

Para pelancong tersebut kaget bukan main karena mengetahui dari mana asal air yang digunakan untuk membuat es batu tersebut. Beberapa acara investigasi juga sebenarnya telah seringkali menayangkan tentang betapa joroknya es batu segar tersebut dibuat. Bukankah tidak masuk akal jika es batu yang dijual dengan harga murah dan notabene berukuran besar tersebut, dibuat dari air yang telah dimasak dengan suhu 1000C  atau dengan air mineral yang cukup mahal harganya?

Modal yang harus dikeluarkan oleh para pengusaha es batu pastilah harus lebih besar dan berimbas pada harga jual yang lebih besar juga. Biasanya untuk memperkecil biaya produksi, para pembuat es nakal tersbut menggunakan air sungai. Bukan hanya gratis, air sungai tersebut bebas digunakan oleh siapa saja dan untuk apa saja termasuk (maaf) buang hajat.

Anda mungkin tidak percaya karena air sungai biasanya berwarna coklat atau bahkan hitam, sedangkan es bisa jernih dan bening. Mereka biasanya menggunakan kaporit (penjernih air) dan bahan kimia lainnya  agar air yang digunakan untuk membuat es tampak jernih dan bersih.

Penelitian kemudian dilakukan untuk melihat berapa bahayanya es batu tersebut. Ternyata dari hasil penelitian yang dilakukan, diketahui bahwa dalam es batu tersebut mengandung bakteri e-coli jauh diatas batas normal (10.000-20.000 per 100 mL). bisa dikatakan bahwa es batu tersebut mengadung bakteri yang hampir setara dengan kotoran manusia. Astagfirullah.

Solusi untuk semua ini adalah tidak membeli atau mengonsumsi minuman yang mengandung es. Apalagi jika membelinya di warnug-warung pinggir jalan yang terlihat tidak steril. Satu-satunya cara untuk bisa menikmati es batu adalah dengan membuatnya sendiri di rumah dari air yang sudah jelas dididihkan pada suhu 100oC.

(Visited 290 times, 1 visits today)



[shareaholic app="recommendations" id="15559134"]