Hati-Hati! Dengar Musik Lewat Headphone bisa Rusak Kesehatan

1171 views

Dailymoslem – Mendengarkan musik memang menjadi salah satu penghilang kejenuhan dan biasanya dapat meningkatkan mood. Agar tidak mengganggu oranglain biasanya kita menggunakan headphone, earphone atau headset untuk mendengarkannya. Bahkan tak jarang kita lupa melepaskannya hingga bangun di keesokan paginya. Kebiasaan mendengarkan musik lewat headphone terlalu tersebut sebenarnya tidak baik untuk kesehatan tubuh loh. Mau tau dampak buruk dari kebiasaan tersebut, yuk simak beberpa point berikut ini:

Menggunakan headphone terlalu lama bisa rusak telinga

Mendengarkan musik melalaui headphone lebih dari lima perhari dengan volume yang tinggi dapat menyebabkan kerusakan pada telinga. Hal tersebut diungkapkan oleh peneliti dari Committee on Emerging and Newly Indentified Health Risk. Awalnya mungkin tidak akan terjadi keluhan yang berat dan mendapatkan dampak yang signifikan hanya merasakan telinga sering berdenging saja. namun lambat laun, jika kebiasaan buruk it uterus dilakukan makan akan menyebabkan kerusakan permanen pada pendengaran.

Kerja otak juga akan terganggu

Selain merusak telinga, dampak yang lebih besar lagi adalah merusak kerja otak.  Committee on Emerging and Newly Indentified Health Risk  mengatakan bahwa gelombang elektromagnetik akibat headphone atau alat yang digunakan untuk mendengarkan musik lainnya berpengaruh terhadap listrik otak sehingga mengganggu kerja otak secara keseluruhan.

Sebaiknya gunakan headphone dengan ukuran yang lebih besar sehingga suara akan lebih terdistribusi dengan baik, suara bising dari luar pun dapat lebih tertahan dibandingkand engan earphone yang ukurannya lebih kecil

Kewaspadaan diri dan konsentrasi jadi berkurang

Mendengarkan musik saat berkendara sangat lah berbahaya, apalagi jika mendengarkan musik dalam volume yang tinggi dan menggunakan headphone. Hal tersebut dapat mengurangi konsentrasi dan kewaspadaan terhadap apa yang terjadi di lingkungan sekitar. Kebiasaan ini akan menyulitkan pengendara untuk mendengar sinyal bahaya yang diberikan oleh orang lain. Seperti klakson atau teriakan orang lain.

Mendengar lagu dengan volume yang terlalu keras akan membuat badan limbung

Dalam jurnal penelitian yang berjudul Proceedings of The National Academy of Sciences, mendengarkan suara diatas 110 desibel dengan menggunakan headphone atau earphone dapat merusak syaraf yang membawa sinyal dari telinga ke otak. Oleh karena itu pusat keseimbangan yang ada di telinga menjadi terganngu dan mengakibatkan badan menjadi limbung dan pusing.

Dari beberapa point diatas, dapat disimpulkan bahwa mendengarkan musik menggunakan alat pendengaran seperti headphone, earphone, atau headset dalam kurun waktu yang lama meningkatkan risiko buruk yang akan terjadi pada tubuh. Sebaiknya dengarkan musik dengan volume yang tidak terlalu keras dan tidak terlalu lama.

(Visited 408 times, 1 visits today)