Hati-hati Bau Mulut Bisa Jadi Tanda Bahwa Tubuh Sedang Dehidrasi Parah

93 views Leave a comment
Hati-hati Bau Mulut Bisa Jadi Tanda Bahwa Tubuh Sedang Dehidrasi Parah

Dailymoslem – Air merupakan zat yang sangat dibutuhkan oleh manusia. Secara fisik manusia bisa hidup tanpa air alias menahan haus hingga maksimal 3-5 hari, berbeda dengan menahan lapar yang bisa sampai 8 hari.

Baiknya, seseorang mengkonsumsi air sekitar 8 gelas atau 1 liter perhari atau 1 gelas air setiap 2 jam saat haus maupun tidak. Sayangnya, masih banyak orang yang menganggapnya tidak terlalu penting. Bahkan kebanyakan orang baru minum saat merasa kehausan saja, padahal rasa haus sendiri adalah tanda tubuh telah mengalami dehidrasi ringan. Selain haus, beberapa gejala berikut merupakan pertanda tubuh kekurangan cairan.

Aroma tak sedap dari mulut

Memang tak banyak orang tahu, jika bau mulut bisa menjadi pertanda bahwa tubuh kekurangan cairan. Saat kadar air dalam tubuh berkurang, tubuh tidak mampu menghasilkan liur yang cukup. Padahal air liur tersebut berguna untuk melindungi bagian gigi dan mulut lainnya dari perkembangan bakteri. Jadi saat air liur berkurang, bakteri akan mudah berkembang dalam mulut dan menyebabkan bau yang tidak sedap.

Terus merasa lapar

Saat tubuh kekurangan cairan, ia akan mengirimkan sinyal pada otak. Namun sinyal haus dan lapar yang hampir sama biasanya membuat kita bingung antara merasa haus dan lapar. Itulah sebabnya, mengapa kadang-kadang kita masih merasa lapar padahal baru saja menghabiskan satu porsi makanan. Saat rasa itu datang, sebaiknya minum segelas air. Jika memang tubuh kekurangan cairan, biasanya rasa lapar tersebut akan hilang.

Kulit menjadi kering

Tubuh yang tidak terhidrasi dengan baik akan menyebabkan kulit menjadi kering. Jadi saat kulit mengering padahal cuaca sedang dalam kondisi yang norma, segeralah meminum 1-2 gelas air dan penuhi kecukupan air harian dengan baik.

Kelelahan tanpa alasan

Kekurangan air akan membuat metabolisme dalam tubuh terhambat. Itulah sebabnya saat tubuh tidak terhidrasi dengan baik, kita akan merasa kelelahan meski tidak banyak melakukan kegiatan.

Tiba-tiba sakit kepala

Merasa tiba-tiba sakit kepala, coba untuk tidak terlebih dahulu mengkonsumsi obat. Sebaiknya minum segelas air sebelum memutuskan menelan obat pereda nyeri. Jika memang, sakit kepala tersebut berasal dari kekurangan cairan maka sakit kepala yang melanda akan segera hilang.

Nah itulah beberapa kondisi tubuh yang menunjukan jika kita kekurangan cairan. Penuhi kebutuhan cairan tubuh setidaknya 8 gelas per hari agar tidak mengalami hal-hal di atas.

 

Baca juga:

4 Minuman Yang Bisa Mengembalikan Cairan Tubuh Dan Energi Setelah Berpuasa

Ketahui 4 Penyebab Kamu Terus Merasakan Lapar

4 Kebiasaan yang Merusak Kesehatan Bibir

 

(Visited 87 times, 1 visits today)