Hati-Hati Amal Ibadah Selama Ramadhan Bisa Lenyap Gara-Gara Ini

112 views Leave a comment
Hati-Hati Amal Ibadah Selama Ramadhan Bisa Lenyap Gara-Gara Ini

Dailymoslem – Ramadan disebut-sebut sebagai rajanya bulan, dimana segala amal ibadah dilipatgandakan. Bahkan satu ayat Al-Quran dibacakan bisa diganjar dengan sepuluh kebaikan. Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah yang diriwayatkan oleh Trimidzi,

Barangsiapa yang membaca satu huruf dari kitab Allah, maka ia akan mendapatkan satu kebaikan dengan huruf itu, dan satu kebaikan akan dilipatgandakan menjadi sepuluh. Aku tidaklah mengatakan Alif Laam Miim itu satu huruf, tetapi alif satu huruf, lam satu huruf dan Mim satu huruf.” (HR. Tirmidzi)

(Baca Juga: Membaca 2 Ayat Al-Quran Ini Dapat Mendatangkan Kecukupan Dari Allah SWT)

Begitupun dengan ibadah lain seperti sedekah, shalat rawatib, juga ibadah-ibadah sunnah yang dicontohkan oleh Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam. Termasuk memberikan senyum pada tetangga yang lewat didepan rumah.

Sayangnya, amal ibadah yang diganjar berkali-kali lipat tersebut bisa lenyap tanpa terasa gara-gara sosial media. Ya, sebagian besar orang khusunya anak muda sudah sangat ketergantungan dengan gadget dan sosial media. Apapun yang dilakukannya diabadikan dan dikabarkan melalui akun sosial media masing-masing. Termasuk ibadah-ibadah yang sedang dilakukan.

Sepertiga malam” tulis seseorang menandakan bahwa ia melakukan shalat tahajud. Atau menulis “Hati terasa tentram setelah shalat dhuha” yang berarti bahwa ia telah shalat dhuha. Ada juga yang mengabadikan acara bakti sosial ke salah satu panti asuhan dengan mengunggahnya ke media sosial, kemudian ditambahkan beberapa kata yang menunjukkan bahwa ia telah menyumbangkan harta sekian dan sekian. Nah, hal-hal seperti inilah yang membuat amal ibadah lenyap tak terasa.

Mungkin awalnya, hanya ingin memotivasi orang untuk melakukan kebaikan yang sama. Wallahu a’lam. Namun ada baiknya, kita lebih bijaksana lagi dalam bertindak. Salah-salah apa yang dilakukan malah jatuh pada riya dan akhirnya merusak ibadah yang telah dilakukan.

Selalu semangat memperbaiki diri!

Baca juga:

Wanita Yahudi Ini Berbicara Tentang Al-Quran Dalam Acara TED Talk, Apa Yang Dibicarakannya Mencengangkan!

Hati-Hati Hal Ini Merupakan Kekeliruan Yang Seringkali Dilakukan Di Bulan Ramadhan

Ramadhan Adalah Bulan Paling Baik, Tapi Menikah Di Bulan Ramadhan Ternyata…

 

(Visited 108 times, 1 visits today)