Hal Yang Harus Dilakukan Raffi Ahmad Pada Anak Pertamanya

1022 views
Rafathar Anak Raffi Ahmad dan Nagita Slavina

Dailymoslem – Kelahiran anak pertama dari pasangan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina memang langsung menjadi buah bibir masyarakat Indonesia. Bahkan ada beberapa acara televisi yang menyandingkan kelahiran Rafathar Malik Ahmad ini dengan kelahiran-kelahiran bayi dari tokoh penting dunia lainnya, seperti kelahiran anak dari Pangeran William dan Kate Middelton.

Sebagai seorang ayah baru, Raffi sepertinya tak bisa berlama-lama menemani istri dan anak pertamanya di rumah sakit. Hal itu dikarenakan banyak sekali kegiatan yang harus Raffi lakukan. Namun begitu, beberapa hal menyambut kelahiran anak menurut Islam ini sebaiknya jangan terlupakan.

Mendoakan Bayi

Doa adalah salah satu hal ajaib yang nyata. Dengan mendoakan anak yang baru lahir diharapkan si anak menjadi seseorang yang hidup dengan Islam dalam hatinya, keberkahan dalam segala urusannya, dijauhkan dari godaan-godaan setan yang terkutuk, serta diberikan keselamatan hingga akhir hayatnya.

Mendoakan bayi yang baru lahir, tidak hanya dilakukan oleh ibu dan ayah dari bayi tersebut. Tetapi orang-orang mendengar kabar baik tentang kelahirannya juga.

Melantunkan Adzan dan Iqamah

Sesaat setelah bayi lahir ke dunia, baiknya seorang ayah langsung melantunkan adzan di telinga kanan dan iqamah di telinga kiri. Tujuannya adalah agar kalimat yang pertama kali didengar sang bayi adalah kalimat thayyibah dan dijauhkan dari segala gangguan setan, musuh manusia yang paling nyata.

Tahnik

Mungkin sebagian orang tidak mengetahui kebiasaan yang satu ini. Padahal Tahnik adalah tindakan yang dilakukan oleh Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam terhadap bayi yang baru saja lahir. Hal tersebut diutarakan oleh Aisyah Radhiyallahu Anha,

Apabila didatangkan bayi yang baru lahir ke hadapn Rasulullah Shallallahu Alahai wa Sallam, maka beliau mendoakan barakah kepadanya dan mentahniknya” (HR. Imam Bukhari dan Muslim)

Tanhik adalah memberikan kurma yang dilembutkan didalam mulut kepada bayi yang baru lahir. Tindakan ini mernurut dr Raehanul Bahraen dinilai dapat menghindarkan bayi dari hipoglikemik yaitu kekurangan gula dalam tubuh.

Memberi Nama Yang Baik

Nama adalah doa, oleh karena itu tetapkan nama yang paling baik untuk bayi yang baru lahir. Raffi Ahmad dan Nagita Slavina sudah melakukan hal yang baik dengan memberikan nama Rafathar Malik Ahmad pada anak pertamanya yang berarti seorang raja yang tinggi derajatnya dan terpuji.

Aqiqah

Memotong kambing tanda syukur karena telah dititipi anugrah paling indah, yaitu seorang anak. Hukum aqiqah alah Sunnah muakkad yaitu Sunnah yang ditekankan sesuai dengan pendapat Imam Malik, penduduk Madinah, Imam Syafi’I beserta sahabat-sahabatnya, Imam Ahmad, Ishaq, Abu Tsaur dan kebanyakn ulama ahli fiqih.  Dalil aqiqah dari Samurah bin Jundab, bahwa Rasulullah bersabda,

Semua anak bayi tergadaikan dengan aqiqahnya yang pada hari ketujuh disembelih hewan (kambing), diberi nama dan dicukur rambutnya” (HR. Abu Dawud, Tirmidzi, Nasa’I, Ibnu Majah, Ahmad)

Sedangkan jumlah kambing aqiqah dapat dilihat dari hadits Aisyah Rahdiyallahu Anha bahwa Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda:

Bayi laki-laki diaqiqahi dengan dua kambing yang sama dan bati perempuan satu kambing” (HR. Ahmad Tirmidzi, Ibnu Majah)

Mencukur Rambut Bayi

Hal ini dilakukan setelah hari tujuh kelahiran bayi. Rasulullah mencontohkan ketika kelahiran cucunya Hasan Dan Husain. Beliau memerintahkan memotong rambut dan menimbangnya dengan ukuran perak, kemudian disedekahkan kepada fakir miskin.

Hadits dari Ali bin Abi Thalib radhiyallahu ‘anhu, bahwa Nabi saw mengaqiqahi Hasan dengan kambing, dan beliau menyuruh Fatimah untuk mencukur rambutnya. “Cukur rambutnya, dan bersedekahlah dengan perak seberat rambut itu.”

Fatimah pun menimbang rambut itu, dan ternyata beratnya sekitar satu dirham atau kurang dari satu dirham. (HR. Turmudzi 1519, Ibnu Abi Syaibah dalam Mushanaf 24234, dishahihkan al-Hakim dalam Mustadrak 7589 dan didiamkan azd-Dzahabi).

 

(Visited 1,086 times, 1 visits today)