Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Pemotor Sebelum Menerjang Hujan

103 views Leave a comment
Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Pemotor Sebelum Menerjang Hujan

Dailymoslem – Hujan yang turun di sore hari membuat para pemotor yang di jam pulang kerja tidak punya pilihan lain selain menerabas hujan. Selain karena jalanan semakin lama akan semakin macet, terkadang hujan juga tidak tentu kapan redanya.

Namun, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum memutuskan untuk menerabas hujan dengan menggunakan motor agar perjalanan tetap aman dan selamat. Jangan lupa, keluarga di rumah menunggu kehadiran Anda.

Jusri Pulubuhu, instruktur dari Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) menjelaskan mengenai hal-hal yang perlu diperhatikan para pemotor sebelum menerabas hujan.

Pertama, Jusri mengingatkan untuk menyalakan lampu-lampu di motor kita agar keberadaan kita dan kendaraan kita dapat terlihat oleh kendaraan lain, terutama kendaraan berukuran besar.

“Pastikan lampu-lampu bekerja dengan baik karena digunakan sebagai alat visibility bagi pengguna jalan lainnya. Selain itu, lampu menjadi alat komunikasi yang efektif saat musim hujan,”¬†ujar Jusri, seperti dilansir dari otomotif.liputan6.com.

Kedua, pemotor perlu memperhatikan peranti kelistrikan dan kabel-kabel pada sepeda motor harus dalam keadaan baik. Sebaiknya mengecek semua kondisi motor setiap hari sebelum pergi.

“Apabila ada soket atau kabel yang rusak bisa terjadi shortcut atau korsleting. Jika terjadi korsleting, akan menghambat perjalanan si pemotor,” sambung Jusri.

Ketiga, penggunaan jas hujan. Pastikan Anda menggunakan jas hujan yang aman digunakan, yaitu jas hujan two-pieces yang terdiri dari baju atasan dan celana, karena jas hujan jenis ponco dapat membahayakan keselamatan pemotor.

Terakhir, yang perlu diperhatikan adalah tekanan ban. Sebaiknya tetap menjaga kondisi angin ban sesuai dengan rekomendasi pabrikan ban.

“Kalau angin kurang berpotensi membuat ban terlipat. Kondisi seperti ini memperlebar kemungkinan terjadinya kecelakaan,” paparnya.

(Visited 123 times, 1 visits today)



RELATED ITEMS