Hakim PN Jaksel Menangkan Budi Gunawan Atas KPK

662 views

Dailymoslem Setelah menggugat KPK atas penetapan dirinya menjadi tersangka dalam kasus dugaan korupsi ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, akhirnya Budi Gunawan bisa bernapas lega. Hakim Sarpin Rizaldi memenangkan Budi Gunawan atas KPK. Ia memutuskan bahwa penetapan tersangka oleh KPK tidak sah dan melanggar prosedur hukum yang berlaku.

Ada enam poin yang dibacakan dalam sidang putusan praperadilan pada senin (16/02). Hakim menganggap bahwa saat kasus  tersebut terjadi, Budi bukan termasuk penegak hukum dan bukan penyelenggara Negara sehingga surat penyidikan nomor 03/01/01/2015 tanggal 12 januari yang menetapkan pemohon sebagai tersangka terkait peristiwa pidana adalah tidak sah. Hakim juga menyatakan bahwa Negara tidak menanggung kerugian apapun atas kasus yang menjerat calon Kapolri tersebut.

Setelah putusan dibacakan, ratusan masa pendukung Budi Gunawan yang sejak pagi hari memadati halaman Pengadilan Negeri Jakarta Selatan langsung menggelar doa ungkapan syukur di bawah guyuran hujan. Berdasarkan informasi yang didapat, ratusan masa pendukung tersebut akan segera menuju Istana Negara untuk menuntut Presiden terpilih Joko Widodo agar segera melantik Budi Gunawan menjadi Kapolri.

Dilansir dari tribunews.com, sidang praperadilan ini merupakan yang pertama dalam pengujian tentang sah atau tidaknya penetapan tersangka dan pertama kalinya juga mengabulkan permohonan praperadilan.

 

 

 

(Visited 212 times, 1 visits today)



[shareaholic app="recommendations" id="15559134"]