Haiti Berduka Atas Terjadinya Karnaval Maut

870 views

Dailymoslem – Kegembiraan warga Haiti yang tengah merayakan perayaan tahunan di pusat kota Port-au-Price­ berujung duka. Setidaknya 16 orang dikonfirmasi tewas dan 78 luka-luka. Kejadian ini berawal ketika penyanyi Hip-Hop terpopuler asal Haiti, Fantom tersengat kabel listrik bertegangan tinggi yang menjutai diatas kepalanya saat berparade melewati Presiden Michael Martelly.

Kejadian tersebut sontak membuat ribuan warga yang memadati jalan-jalan di pusat kota dan menikmati acara berlarian menyelamatkan diri. Tujuh orang yang berada di dalam mobil hias tewas seketika, sementara sisanya tewas terinjak-injak warga yang berlarian. “Saya melihat kabel listrik yang penuh dengan percikan api, dan saya segera berlari untuk menyelamatkan hidup” ungkap Natacha (22) dikutip dari laman foxnews.

Evans Paul, Perdana Mentri Haiti menyatakan tiga hari berkabung resmi sebagai bentuk simpati untuk para korban. Selain itu panitia acara juga langsung menghentikan acara parade yang seharusnya dilakukan tiga hari dan berakhir bertepatan dengan karnaval Madi Gras lain diseluruh dunia.

Sementara itu Presiden Michael Martlly mengungkapkan rasa duka citanya di twitter. “ Simpati tulus dari saya kepada para korban insiden serius di Champ de Mars pada hari kedua karnaval” tulisnya. Menurut Menteri Komunikasi Haiti, sekarang pemerintah sedang bekerja untuk membantu para korban. Selain itu, Ibu Negara Sophia Martelly juga telah mengunjungi beberapa korban di rumah sakit setempat.

(Visited 351 times, 1 visits today)