Hah, Bedak Tabur Sebabkan Kanker Ovarium?

97 views Leave a comment
Hah, Bedak Tabur Sebabkan Kanker Ovarium?

Dailymoslem – Seorang wanita bernama Jackie Fox meninggal dikarenakan kanker ovarium yang dideritanya. Namun kematiannya menyeret sebuah perusahaan farmasi Johnson &  Johnson yang menyediakan berbagai macam perlengkapan kebersihan tubuh, mulai dari sabun hingga bedak tabur. Perusahaan tersebut didenda sebanyak 1 Milyar atas kematian Fox.

Menurut berita yang beredar, penyakit kanker ovarium yang diidap Fox disinyalir diakibatkan dari pemakaian talk yang digunakannya untuk mejaga kebersihan organ kewanitaannya selama 35 tahun kebelakang. Dari penelitian diketahui bahwa talk atau talcum merupakan sejenis mineral dengan rumus kimia Mg3Si4O10(OH)2, bertekstur lembut dan mampu menyerap kelembaban. Zat ini juga ditemui dalam berbagai jenis produk kosmetik.

Meski sejatinya merupakan bahan yang tidak berbahaya, namun zat ini juga seringkali bercampur dengan mineral lain yang salah satunya adalah asbestos. Nah, zat asbetos inilah yang merupakan karsinogenik yang jika terhirup akan memicu absebitos pada paru-paru.

Sebenarnya, talk yang mengandung asbestos ini sudah dilarang beredar sejak tahun 1970 dikarenakan berbahaya bagi kesehatan manusia. Namun sampai saat ini, penelitian mengenai hubungan antara talk dan kanker belum menemukan titik terang.

(Sumber: detik.com)
(Visited 101 times, 1 visits today)



RELATED ITEMS