Gerhana Berbarengan dengan Nyepi, MUI Bali Imbau Warga Muslim untuk Sholat Gerhana dengan Tertib

102 views Leave a comment
Gerhana Berbarengan dengan Nyepi, MUI Bali Imbau Warga Muslim untuk Sholat Gerhana dengan Tertib

Dailymoslem – Gerhana matahari total yang akan berlangsung pada tanggal 9 Maret 2016 mendatang nampaknya akan berbarengan dengan perayaan Hari Raya Nyepi untuk umat Hindu.

Sebagai daerah bermayoritas agama Hindu, warga Bali diharuskan untuk menghormati ibadah umat Hindu dengan tidak menyebabkan kebisingan, mengingat pada saat merayakan Nyepi masyarakat biasanya tidak melakukan aktivitas apapun.

Umat hindu tidak diperbolehkan melakukan hal-hal seperti Amati Amati geni (tidak menyalakan api termasuk memasak), Amati karya (tidak bekerja), Amati lelungan (tidak bepergian) dan Amati lelanguan (tidak mencari hiburan).

Menyikapi kebiasaan umat Muslim yang umumnya melakukan sholat gerhana secara berjamaah saat terjadi fenomena alam gerhana, MUI Bali tetap mengajak warga untuk melakukan sholat berjamaah, baik di rumah maupun di masjid.

“Kami tidak mengadakan sholat sunnah GMT secara massal di lapangan. Ada sholat sunnah GMT di masjid masing-masing,” ungkapnya di Denpasar, Senin (7/3/2016).

Namun, MUI Bali juga mengimbau untuk melakukan sholat gerhana secara tertib agar tidak mengganggu ibadah umat Hindu, yaitu tidak boleh menggunakan pengeras suara, dan menuju masjid harus berjalan kaki.

(Visited 115 times, 1 visits today)