Galau Dengan Beberapa Pilihan? Istikharah Adalah Solusi Tepat Untuk Masalah Kamu

2592 views

Dailymoslem –Kadang dalam satu waktu, kita dihampiri oleh dua persimpangan yang membingungkan. Dua persimpangan yang nampak baik di keduanya namun tetap kita harus memilih satu saja. keragua-raguan sebagai salah satu sifat manusia muncul disana. Kemudian syaitan pun turut serta menggelayuti kepala, membisikan sesuatu yang membuat kita semakin ragu.

Beberapa manusia mungkin lulus dari cobaan keraguan tersebut. Beberapa manusia lagi akhirnya malah tergiur oleh bisikan syaitan dan terjerumus pada pilihan yang salah. Lalu bagaimana dengan kita? Mana yang harus kita pilih? Sedangkan kita tidak tahu mana yang benar-benar baik untuk diri kita sendiri.

Dalam ajaran Islam, telah diberikan kepada kita solusi keraguan paling mujarab yaitu dengan shalat istikharah. Ya, shalat sunnat yang bertujuan meminta petunjuk Allah untuk memilih diantara beberapa pilihan yang ada. Masalahnya pun tidak dibatas, Allah kan Maha memiliki segalanya.

Niat Shalat Istikharah

Melakukan shalat istikaharah sangatlah mudah. Pada dasarnya tata cara shalat istikharah sama dengan shalat-shalat sunnat yang lain. Niat shalat istikaharah adalah sebagai berikut:

niat istikharah

Niat saya shalat sunnat istikharah dua raka’at karena Allah Ta’ala

Tata Cara Shalat Istikharah

Shalat sunnat istikaharah boleh dikerjakan paling sedikit dua rakaat hingga dua belas rakaat dengan enam kali salam. Tata cara shalatnya sama dengan shalat fardu, membedakaannya adalah dari niatnya saja.

Selepas membaca Al-Fatihah pada rakaat yang pertama, diutamakan membaca Surah Al-Kafiruun (1 kali). Selepas membaca Al-Fatihah pada rakaat yang kedua, diutamakan membaca 1 Surah Al-Ikhlas (1 kali). namun untuk surah yang lain tetap diperbolehkan dibaca selepas membaca surah Al-Fatihah, baik pada rokaat pertama dan kedua. Setelah salam yang terakhir, kita dianjurkan untuk memohon petunjuk Allah dengan mengutarakan masalah yang tengah dihadapi.

Doa Shalat Istikharah

Adapun bacaan doa yang dilantunkan setelah selesai menunaikan shalat istikharah adalah:
doa istikharah

Insha Allah dengan segala doa dan ikhtiar yang kita lakukan Allah memberikan segala yang terbaik untuk kita. Yakinlah. Serahkan segala pilihan pada-Nya, karena hanya Allah yang mengetahui apa-apa yang akan terjadi di kemudian hari dan hanya Allah yang mengetahui apa yang paling baik dan yang paling kita butuhkan.

Allah tahu apa yang kita mau, Allah tahu. Tapi Allah mau memberikan yang paling baik yang sebenarnya kita butuhkan dikemudian hari. Sabar dan selalu tawakal.

(Visited 1,791 times, 1 visits today)