Fenomena ‘Warteg Bergorden’ Selama Bulan Puasa

405 views
warteg bergorden

Dailymoslem – Ada istilah bahwa setan-setan dan iblis dibelenggu saat bulan puasa. Sehingga manusia lebih leluasa mengerjakan ibadah tanpa gangguan dari makhluk yang bersumpah menjerumuskan anak Adam kedalam neraka.

Sayangnya, masih banyak orang yang melakukan maksiat saat bulan puasa. Tak sedikit orang yang melakukan hal buruk dan secara gamblang mencemari bulan suci yang dirindukan ini. Salah satunya adalah fenomena ‘warteg bergorden’ yang mudah sekali ditemukan dijalan-jalan.

Tujuan si pemiliki warteg sendiri belum bisa dipastikan. Bisa jadi, mereka membantu menyediakan makanan untuk mereka yang non-islam, tapi hal tersebut malah disalahgunakan untuk momen ‘nyemen’ saat bulan puasa. Nyemen sendiri adalah berbuka puasa secara illegal, biasanya dilakukan sembunyi-sembunyi.

Miris, fenomena ini malah menjadi lebih marak dari tahun-ketahun. Apalagi beberapa waktu lalu Menteri Agama, Lukman H. Saifudin mencuitkan sesuatu yang mencengangkan. Ia mengatakan untuk tidak memaksa warung-warung nasi untuk berhenti beroprasi ketika puasa. Hal tersebut dilakukan untuk menghargai mereka yang tidak berkewajiban berpuasa.

Lucu yah. Dilarang untuk beroprasi saat siang hari saja banyak sekali oknum yang ‘nyemen’ apalagi jika warung-warung nasi tersebut diperbolehkan secara legal?

Astagfirullah, sepertinya kita semua harus introspeksi diri yah. Banyak sekali keganjilan yang terjadi. Insya Allah  dengan terus berpegang teguh dijalan yang Allah ridhoi, kita bisa mengambil hikmah yang bermanfaat. Amin.

(Visited 336 times, 1 visits today)