Fenomena Selfie Jemaah Haji Di Tanah Suci

320 views Leave a comment
selfie

Dailymoslem – Mengunjungi tanah suci Mekkah merupakan suatu kemewahan tersendiri bagi umat Muslim. Tak heran, banyak umat Muslim yang mengabadikan momen berharga mereka di tanah suci dengan berfoto selfie.

Mulai dari momen di Mekkah, Madinah, Arafah hingga Mina. Kota-kota cantik di Arab Saudi menjadi latar belakang yang dicari para jema’ah untuk menghiasi foto-foto mereka. Tak jarang juga jemaah haji yang memposting foto-foto tersebut di sosial media secara live setelah mengambil foto tersebut.

Hal ini menyebabkan berkurangnya nilai ibadah yang dirasakan oleh para jema’ah. Bukan hanya mereka yang berfoto, jema’ah lainnya pun seringkali terganggu oleh jema’ah yang tiba-tiba berhenti saat berjalan untuk mengambil berfoto selfie,┬áseperti yang dirasakan oleh Mohammed Rashid, jamaah asal Arab.

“Saya sangat terganggu dengan orang-orang yang tiba-tiba berhentu untuk berfoto selfie. Mereka mengganggu konsentrasi saya saat saya ingin khusyul beribadah – membuat saya harus pindah atau menjauh dari orang yang sedang berfoto itu,” ujar Mohammed Rashid.

Sedangkan jamaah lain yang berasal dari Jordania mengaku dirinya senang bisa beribadah haji dan juga sharing fotonya saat beribadah haji di media sosial.

“Saya juga mengambil selfie saat menunaikan ibadah haji, sepreti saat berada di Arafah dan di Jamarat. Tidak semua orang memiliki kesempatan untuk menunaikan ibadah haji dan saya senang saya mendapatkan kesempatan tersebut. Saya ingin mengingatnya, jadi saya mengambil foto untuk kenang-keangan,” ujar seorang jema’ah haji asal Jordania, dilansir dari skyscrapercity.com.

Sharing foto haji dan umrah di media sosial juga bisa membuat image berhaji jadi lebih menyenangkan, daripada image melelahkan yang selama ini sering didengar,” tambahnya.

Beberapa orang juga menganggap foto-foto para jema’ah yang diunggah di media sosial lebih berkesan pamer daripada kenang-kenangan.

Fenomena ini juga sempat menjadi perhatian pemerintah Saudi yang berencana untuk memberlakukan peraturan tentang smartphone di Masjidil Haram.

(Visited 328 times, 1 visits today)