Fakta Menarik Dibalik Kemenangan Tantowi Ahmad Dan Liliyana Natsir

619 views Leave a comment
Fakta Menarik Dibalik Kemenangan Tantowi Ahmad Dan Liliyana Natsir

Dailymoslem – Kemenangan Tantowi Ahmad/Liliyana Natsir pada babak final di Riocentro Pavilion 4, Rabu (17/8) menjadi kado spesial di perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-71. Tampak menguasai permainan sejak awal, pasangan Tantowi dan Liliyana ini berhasil mengalahkan pasangan Malaysia, Chan Peng Soon/Goh Liu Ying secara telak, 21-14, 21-12.

Pasangan yang lebih akrab disapa Owi dan Butet ini menjadi penyelamat tim bulutangkis Indonesia, yang beberapa delegasinya telah gugur terlebih dulu seperti, Praveen Jordan/Debby Susanto, Lindaweni Fanetri, Tommy Sugiarto, dan Greysia Polii/Nitya Krishinda Maheswari. Perjalanan Owi dan Butet ini pun menciptakan beberapa catatan menarik yang dirangkum menjadi beberapa fakta berikut ini.

  1. Medali emas Owi dan Butet adalah yang pertama dari nomor ganda campuran Indonesia
  2. Selain menjadi medali emas pertama dari nomor ganda campuran. Medali emas Owi dan Butet ini menjadi medali emas ketujuh untuk Indonesia, sejak berpartisipasi pada 1952 di Olimpiade Helsinki
  3. Liliyana menjadi wanita kedua yang mendapatkan medali emas di olimpiade setelah Susi Susanti pada tahun 1992
  4. Total bonus yang akan dikantongi Tontowi/Liliyana mencapai Rp 6 miliar. Rp 5 miliar berasal dari pemerintah dan Rp 1 miliar dari PBSI.
  5. Tontowi dan Liliyana mulai berpasangan sejak 2009. Tontowi menggantikan Nova Widianto lantaran Nova saat itu sudah berusia 35 tahun.
  6. Owi dan Butet memenangkan medali emas pertamanya di ajang Macau Grand Prix Gold tahun 2010
  7. Olimpiade Rio 2016 merupakan Olimpiade kedua bagi Owi/Butet sebagai pasangan di nomor ganda campuran. Mereka pertama kali turun di Olimpiade yakni pada Olimpiade London 2012.
  8. Tontowi/Liliyana tidak pernah kehilangan set sejak babak grup hingga partai final ganda campuran Olimpiade Rio 2016.
(Visited 1 times, 1 visits today)