Fakta-Fakta Tragedi Mina Tewaskan Ratusan Jemaah Haji

418 views Leave a comment
kecelakaan mina

Dailymoslem – Ratusan Jemaah haji meninggal di Jalan Arab 204 pada Kamis pagi (24/9) kemarin. Sejumlah sumber mengatakan bahwa kejadian nahas tersebut terjadi karena adanya desak-desakan yang parah anatara para Jemaah haji yang akan dan sudah melempar jumrah.

Ada beberapa fakta dari kejadian nahas yang ketiga kalinya dalam rangkaian ibadah haji tahun ini. Setelah jatuhnya krane raksasa dan terbakarnya salah satu hotel di Mekkah.

Tragedi Mina Terjadi Pada Pagi Hari Waktu Arab Saudi

Kejadian nahas ini terjadi ketika Jemaah haji yang telah dan akan melaksanakan lempar jumrah Aqobah bertemu di satu titik. Jalan yang dipenuhi oleh ribuan orang tersebut menjadi semakin sesak karena ada Jemaah yang tiba-tiba berhenti.

Awalnya para Jemaah haji pergi setelah subuh karena menghindari hawa terik di siang hari dan juga ada kemungkinan melonjaknya Jemaah haji yang akan melakukan ritual tersebut.

Cuaca Panas Yang Sangat Terik

Meskipun tragedi terjadi sekitar pukul 7 pagi, namun cuaca dikabarkan sangat terik hingga mencapai 49 – 52oC. Cuaca terik ditambah dengan ribuan orang yang berjubel pada satu area membuat banyak perempuan dan orang tua tidak kuat dan akhirnya jatuh. Beberapa kemudian terinjak-injak karena ada desakan dari belakang.

Jumlah Korban Mencapai Ratusan Nyawa

Hingga saat ini korban meninggal diketahui sudah mencapai angka 719 orang. Sedangkan 863 lainnya lula-luka. Sampai saat ini Jemaah Indonesia yang meninggal diketahui ada 3 orang. Yakni Hamdi Atwi Tarji Rofia (51) asalh kloter Surabaya, Busyaiyah Sahel Abdul Gafar (51) kloter Batam dan satu jamaah lagi belum teridentifikasi.

Merupakan Kejadian Nahas Yang Ketiga Ibadah Haji Tahun Ini

Belum selesai investigasi mengenai jatuhnya krane di Masjidil Haram pada Jumat (11/9), Mekkah digemparkan kembali oleh kejadian terbakarnya salah satu hotel di Mekkah Kamis (17/9). Minggu ketiga di bulan September ini, kemudian terjadi lagi tragedi Mina yang menewaskan ratusan orang.

 

 

 

(Visited 513 times, 5 visits today)