Etnis Rohingnya Dibakar Hidup-Hidup, Yusuf Mansur Cari Berita Akurat

669 views Leave a comment
Etnis Rohingnya Dibakar Hidup-Hidup, Yusuf Mansur Cari Berita Akurat

Dailymoslem – “Ada yang punya info tentang Myanmar? Termasuk video dan foto yang akurat.” Kutipan pertanyaan dari Ustadz Yusuf Mansur yang diunggahnya dalam Instagram. Tentunya pertanyaan ini muncul karena kabar pembantaian keji terhadap etnis Rohingnya oleh kelompok teroris, biksu dan juga militer Myanmar.

Aljazeera melaporkan bahwa Human Rights Watch – sebuah organisasi non pemerintah yang fokus terhadap masalah hak asasi manusia- menemukan bahwa citra satelit memperlihatkan bahwa kampung etnis Rohingnya dibakar habis. Dilaporkan pembakaran terjadi pada Rabu (16/11/16) lalu.

Citra satelit menunjukkan bahwa beberapa desa Rohingnya di Myanmar, negara bagian Raikhne telah habis dibakar pada beberapa pekan terakhir.” kutipan dari Aljazeera, Minggu (13/11/16)

Kerusakan terjadi di desa Pyaung Pyit, Kyet Yoe Pyin, dan Wa Peik. Gambar yang ditunjukkan oleh citra satelit tidak hanya memperlihatkan kerusakan yang dialami Rohingnya namun juga kerusakan yang lebih besar dari yang dipikirkan sebelumnya.

Kasus yang terjadi pada etnis Rohingnya ini berawal dari  dicabutnya hak kewarganegaraan mereka pada 1982 oleh junta militer Myanmar. Sejak itulah rasisme dan pembantaian oleh kelompok terorris Budha terjadi, hingga pada tahun 2012 kasus ini mencuat ke media.

Tahun lalu, etnis Rohingnya sempat terpenjara di lautan setelah usahanya melarikan diri kenegara tetangga -Indonesia, Malaysia dan Thailand- ditolak pemerintah setempat. Diperkirakan lebih dari 8000 jiwa terombang-ambing nasibnya di tiga negara tersebut. Ini merupakan krisis pengungsi terburuk setelah Perang Vietnam dan juga disebut sebagai momen paling memalukan bagi negara-negara Asia Tenggara.

Pembantaian yang terjadi pada Rohingnya menurut banyak pihak sudah termasuk Genosida, yaitu usaha pembasmian suatu kaum.

Insya Allah akan tetap dibangun komunikasi dan doa terus-menerus untuk muslim muslimah di Myanmar, di Indonesia, dimana saja, di alam semesta” pungkas Yusuf Mansur seraya mengungkapkan keprihatinan yang mendalam pada para korban.

 

(Visited 1 times, 1 visits today)