Empat Sekolah Dasar Di London Larang Siswa Muslim Berpuasa Ramadhan

581 views
barclay scgool

Dailymoslem – Menjelang Ramadhan, empat sekolah dasar di Inggris menyebarkan surat edaran pada orangtua siswa mengenai puasa Ramadhan untuk anak-anak didik mereka. Dilansir dari Dailymail, 11 Juni 2015, pihak sekolah melarang siswa datang ke sekolah jika sedang berpuasa untuk alasan kesehatan.

Empat sekolah tersebut adalah Sybourn Primary School, Thomas Gamuel Primary School dan Brook House Primary School di Haringey. Keempat sekolah ini meng-klaim bahwa kegiatan puasa berbahaya bagi kesehatan anak.

Keputusan ini mendapat tanggapan dari Asosiasi Muslim Inggris yang menagatakan bahwa pihak sekolah seharusnya mendiskusikan berbagai kebijakan dengan orangtua siswa, apalagi untuk persoalan Agama.

Dalam surat edaran tersebut, pihak sekolah mengatakan mereka memahami bahwa dalam Islam anak-anak tidak diwajibkan untuk berpuasa, mereka diwajibkan berpuasa setelah dewasa.

“Pada Ramadhan tahun lalu jarak dari sahur hingga buka puasa adalah 18 jam, sehingga anak-anak harus bangun lebih pagi untuk sahur dan harus tidur terlambat untuk bisa menyelesaikan puasa mereka.” Apalagi, bulan Ramadhan di Inggris kali ini jatuh pada musim panas, yaitu di bulan Juni.

“Kesehatan setiap anak adalah prioritas utama. Di tahun-tahun sebelumnya beberapa anak menjadi sakit, pingsan, dan bahkan tidak bisa menyelesaikan kurikulum sekolah karena memaksakan diri berpuasa.”

Islam sendiri tidak pernah memaksa anak-anak untuk berpuasa, namun menganjurkan untuk mengajarkan mereka berpuasa sekuat yang mereka mampu. Dalam Islam, usia yang dianjurkan untuk mengajarkan anak berpuasa adalah usia 10 tahun.

Dijadikan patokan umur sepuluh tahun pertama, karena Nabi sallallahu’alaihi wa sallam memerintahkan untuk memukul anak kecil yang meninggalkan shalat. Disamakan antara puasa dengan shalat itu lebih baik, karena adanya kedekatan antara satu dengan lainnya. Kesamaannya, bahwa keduanya termasuk ibadah fisik dari rukun Islam. Cuma puasa lebih berat, maka perlu adanya kekuatan. Karena terkadang dia mampu shalat, akan tetapi tidak mampu berpuasa.” (Al-Mughni, 4/412)

Baca juga:

Bagaimana Caranya Mengetahui Anak Sudah Siap Diajak Berpuasa Atau Belum?

Cara Mengajari Anak Puasa Ala Astrid Kuya

(Visited 393 times, 1 visits today)