Doa Yang Diajarkan Rasulullah Saat Lailatul Qadar

1909 views
malam lailatul qadr

Dailymoslem – Seluruh umat muslim pasti menginginkan malam Lailatul Qadar. Karena malam tersebut memiliki banyak keuataman, salah satunya diijabahnya doa-doa yang dipanjatkan. Malam Lailatul Qadar ada di sepuluh malam terakhir, hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam:

Carilah malam Lailatul Qadar di (malam ganjil) pada 10 hari terakhir bulan Ramadhan.” (HR. Bukhari)

Ketika kita meyakini bahwa malam tersebut adalah malam Lailatul Qadar, maka ada doa yang dianjurkan untuk dibaca. Dari Aisyah Radhiyallahu Anha ia berkata “Aku pernah bertanya pada Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam, yaitu jika saja ada suatu hari yang aku tahu bahwa malam tersebut adalah lailatul wadar, lantas apa dia yang mesti kuucapkan?” Rasulullah menjawab ’Berdoa’alah Allahumma innaka Afuwwun tuhibbul afwa fa’fuanni’.” (HR. Tirmidzi)

Doa yang diajarkan oleh Rasulullah Shallallahu alaihi wa Sallam tersebut memiliki arti sebagai berikut.

Ya Allah, Engkau Maha Pemaaf dan Engkau mencintai orang yang meminta maaf, karenanya maafkanlah aku.”

Doa ini sungguh penuh akan syarat dan maknanya, meskipun terlihat sangat singkat. Dalam doa tersebut terdapat ketundukan hamba pada Allah dan pernyataan bahwa dia tidak dapat luput dari dosa.

Waktu Yang Tepat Membaca Doa Ini

  1. Doa ini dibaca dimalam hari, ketika diyakini bahwa itulah malam lailatul qadar yang bisa dilihat dari ciri-ciri atau tanda malam tersebut.
  2. Tidak ada ketentuan tentang jumlah bilangan doa yang harus dibaca. Intinya semakin banyak maka akan semakin baik

Namun, diluar dari itu semua doa ini boleh dibaca meskipun tidak di malam Lailatul Qadar. Allah lebih senang pada hamba yang selalu mengulang-ngulang doa nya, jadi tidak ada salahnya membaca doa ini setiap hari.

 

(Visited 4,184 times, 1 visits today)



RELATED ITEMS