Doa Menjelang Ramadhan

652 views
berdoa2

Dailymoslem – Waktu memang sangat cepat berlalu, sebentar lagi Ramadhan akan kembali mengunjungi kita. Kaum muslim tentunya sangat senang dengan hal ini, karena sebentar lagi setiap kebaikan yang dikerjakan akan diganjar dengan pahala yang berlipat ganda. Bayangkan satu huruf Al-Quran yang dibaca saja ganjarannya sampai 700 pahala.

Dahulu, para sahabat dan para ulama setelahnya, menyambut Ramadhan dengan penuh suka cita. Mereka menunjukan kebahagiaannya tidak dengan cara menyalakan kembang api, namun mengungkapkannya dengan mengucapkan kalimat-kalimat mengandung doa kebaikan dan harapan.

Diantara doa sebagian sahabat ketika datang Ramadhan,

اَللَّهُمَّ سَلِّمْنـِي إِلَى رَمَضَانَ وَسَلِّمْ لِـي رَمَضَانَ وَتَسَلَّمْهُ مِنِي مُتَقَبَّلاً

“Ya Allah, antarkanlah aku hingga sampai Ramadhan, dan antarkanlah Ramadhan kepadaku, dan terimalah amal-amalku di bulan Ramadhan.” (Lathaif Al-Ma’arif, hlm. 264)

Ada satu lagi doa yang dianjurkan untuk dibaca saat memasuki bulan Ramadhan. Namun sebenarnya ini adalah doa umum yang boleh dibaca saat memasuki bulan baru. Doa ini adalah doa melihat hilal,

اللَّهُ أَكْبَرُ، اللَّهُمَّ أَهِلَّهُ عَلَيْنَا بِالْأَمْنِ وَالْإِيمَانِ، وَالسَّلَامَةِ وَالْإِسْلَامِ، وَالتَّوْفِيقِ لِمَا نُحِبُّ وَتَرْضَى، رَبُّنَا وَرَبُّكَ اللَّهُ

“Allahu akbar, ya Allah jadikanlah hilal itu bagi kami dengan membawa keamanan dan keimanan, keselamatan dan islam, dan membawa taufiq yang membimbing kami menuju apa yang Engkau cintai dan Engkau ridhai. Tuhan kami dan Tuhan kamu (wahai bulan), adalah Allah.” (HR. Ahmad 888, Ad-Darimi dalam Sunannya no. 1729, dan dinilai shahih oleh Syua’ib Al-Arnauth dalam Ta’liq Musnad Ahmad, 3/171).

Meskipun dianjurkan, doa ini hanya dibaca ketika seseorang melihat hilal di awal bulan. Oleh sebab itu, bagi yang tidak melihat hial tidak disyariatkan membaca doa ini ketika masuk awal bulan.

(Visited 481 times, 1 visits today)