Ditengah Gonjang-Ganjing BPJS Haram, BPJS Ketenagakerjaan Tawarkan Dana Pensiun untuk Semua Lapisan Pekerja

339 views
Ditengah Gonjang-Ganjing BPJS Haram, BPJS Ketenagakerjaan Tawarkan Dana Pensiun untuk Semua Lapisan Pekerja

Dailymoslem РBeberapa waktu belakangan, masyarakat dihebohkan dengan isu BPJS haram yang ternyata hanya isapan jempol semata. Isu ini kemudian membuat banyak masyarakat menumpahkan unek-unek pada layanan BPJS yang masih perlu dibenahi di berbagai aspek. Di tengah gonjang-ganjing ini, layanan lain BPJS yaitu BPJS Ketenagakerjaan justru menawarkan dana pensiun yang bisa dinikmati oleh pekerja formal dan informal.

Jadi, saat ini bukan hanya PNS dan pekerja formal saja yang bisa mendapatkan dana pensiun, namun juga pekerja informal seperti pedagang, petani, nelayan dan pekerja informal lainnya dengan cara mendaftarkan diri ke BPJS Ketenagakerjaan.

“Ini era baru jaminan sosial ketenagakerjaan di Indonesia di mana berdasarkan Undang-undang Sistem Jaminan Sosial nasional (SJSN) dan Badan Pelaksana Jaminan Sosial (BPJS) ada empat Program,” kata Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri, dikutip dari akun Twitter @KemnakerRI, Selasa (11/8/2015) pagi.

Kini, bukan hanya pekerja yang mendapat upah dari Pemerintah atau perusahaan saja yang bisa mendapatkan dana pensiun. Bahkan pekerja yang mengupayakan upah untuk dirinya sendiripun bisa mendapat dana pensiun dari program BPJS Ketenagakerjaan.

Selain dana pensiun atau JHT (Jaminan Hari Tua), BPJS juga akan menanggung keselamatan pekerja dengan JKK (Jaminan Keselamatan Kerja) dan jaminan kematian.

(Visited 340 times, 1 visits today)