Disinggung Soal Bantuan Tsunami, Indonesia kumpulkan #KoinUntukAustralia

833 views

Dailymoslem – Bermula dari hukuman mati untuk beberapa gembong narkoba yang dua di antaranya adalah warga Australia, yaitu Myuran Sukumaran alias Mark dan Andrew Chan, Australia mulai melakukan berbagai cara agar eksekusi tersebut dibatalkan. Dari ancaman memboikot Bali sampai mengungkit bantuan Australia untuk korban Tsunami. Namun, masyarakat Indonesia tetap mendukung pemerintah untuk menegakkan hukum, salah satunya dengan penggalangan #KoinUntukAustralia yang merupakan jawaban dari kata-kata Tony Abbott yang mengingatkan bahwa Australia pernah begitu baik membantu korban Tsunami di Aceh.

Abbott mengatakan bahwa Warga Indonesia sebaiknya tidak melupakan bahwa Australia mengeluarkan banyak dana dan pasukan militer untuk membantu mengatasi masalah Tsunami.

“Sebaiknya kita tidak melupakan beberapa tahun lalu ketika Indonesia dihantam Tsunami, Australia mengirimkan miliaran dollar, kami juga mengirimkan jumlah pasukan yang banyak untuk membantu, bahkan warga Australia kehilangan nyawa kali itu. Pada pemerintah dan rakyat Indonesia, kami Australia selalu ada untuk membantu anda dan kami harap anda dapat membalasnya saat ini,” ucap Tony Abbott dilansir dari TV One.

Pernyataan ini jelas memancing banyak reaksi dari masyarakat, banyak warga Indonesia dan terutama warga Aceh yang merasa tersinggung dan merasa bahwa pada saat itu Australia tidak sungguh-sungguh ikhlas membantu Indonesia. Puncaknya adalah penggalangan dana yang dimotori oleh Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Aceh yang membuka posko pengumpulan koin sebagai protes atas pernyataan tersebut.

Tak lama kemudian, tagar #KoinUntukAustralia bermunculan di jejaring sosial yang mengajak seluruh warga Indonesia untuk mengumpulkan koin demi membalas kebaikan Australia sepuluh tahun lalu tersebut.

“Poin pentingnya adalah apa yang kita lakukan ini merupakan pesan moril dan dukungan kepada Presiden Joko Widodo untuk tetap konsisten dan tegas dalam menegakkan hukum dalam negeri,” ujar Darlis Aiziz, Ketua Kammi kepada dari BBC Indonesia.

Pernyataan Tony Abbott yang bahkan dinilai kontroversial oleh dua pengamat Australia ini juga bukan hanya mendapat reaksi dari penduduk Indonesia, tapi juga dari penduduk Australia sendiri. Beberapa di antaranya adalah [email protected] yang menulis, “Perdana Menteri kami mungkin bodoh, tetapi kampanye #CoinForAustralia menghina semua warga Australia yang memberikan secara tulus.” Ada juga Kerry Glover, yang menulis, “Bantuan Tsunami berasal dari pajak dan Abbott tidak punya hak untuk melemparnya ke muka korban.”

(Visited 247 times, 1 visits today)