Desember Mendatang, Perempuan Arab Punya Hak Pilih dalam Pemilu

241 views Leave a comment
Desember Mendatang, Perempuan Arab Punya Hak Pilih dalam Pemilu

Dailymoslem – Kaum perempuan di Arab memang tidak memiliki hak sebanyak yang dimiliki kaum laki-laki. Mereka tidak diijinkan untuk menyetir, memiliki passport, bepergian jauh ataupun mengakses pendidikan tinggi tanpa mendapat ijin dari suami atau anggota keluarga terdekat yang laki-laki. Bahkan, perempuan di Arab Saudi juga tidak memiliki hak pilih dalam pemilu, sehingga mereka tidak dapat ikut memilih pemimpin yang mereka inginkan.

Namun, baru-baru ini angin segar untuk perempuan Arab datang dari pemimpin baru Arab Saudi yaitu King Salman bin Abdulaziz al-Saud yang memberikan hak pilih bagi kaum perempuan di pemilu bulan Desember mendatang, sebagaimana dilansir dari dailymail.co.uk.

“Keputusan ini tentu sangat penting untuk berbagai sektor masyarakat Saudi: bahwa perempuan, sama juga seperti laki-laki, memiliki kemampuan untuk mengambil keputusan yang dapat mempengaruhi permasalahan publik,” ujar aktivis Hak Asasi Manusia Adam Coogle.

Selain memiliki hak pilih, kini perempuan Arab juga memiliki hak yang sama sepeti laki-laki untuk menjadi kandidat dalam pemilihan legislatif.

Namun, beberapa peraturan khusus tentang perempuan di Arab masih berlaku, seperti dilarang membuat passport dan melakukan perjalanan jauh atau mengambil jenjang pendidikan tinggi yang masih harus atas ijin suami atau kerabat lelaki terdekat.

(Visited 192 times, 1 visits today)