Cegah Ngantuk Saat Puasa Dengan Mengkonsumsi Makanan Ini

1086 views
malas

Dailymoslem – Sudah menjadi sebuah hal yang lumrah jika saat bulan puasa banyak orang yang mengaku lebih lemas sehingga sedikit mengganggu kegiatan sehari-harinya. Meskipun hal tersebut ternyata bukan berasal ketidakmampuan tubuh dalam menjalankan puasa, melainkan dari pikiran namun tetap saja ‘lemas’ saat puasa benar-benar terasa.

Rasa lemas tersebut kemudian menjadikan kita mengantuk sepanjang hari. Wajar memang, karena selama puasa pola makan dan kegiatan kita jadi berubah. Ngantuk yang menyerang pun adalah akibat dari turunnya kadar glukosa dalam darah sehingga mempengaruhi kadar oksigen di otak.

Ada beberapa tips yang bisa diikuti, agar rasa kantuk tersebut bisa diminimalisir. Berikut adalah tips-tips nya,

Pastikan kita tidak kekurangan asupan zat besi

Zat besi dapat diperoleh dari mengkonsumsi sayuran seperti bayam, daun katuk dan lain sebagainya. Dengan terpenuhinya asupan zat besi, tubuh jadi mampu menyerap oksigen untuk dialirkan ke dalam otak sehingga rasa ngantuk menjadi berkurang.

Jaga keseimbangan asupan gizi

Menyeimbangkan asupan gizi dalam tubuh dapat mengurangi rasa kantuk saat puasa. Konsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin. Seperti vitamin c, vitamin a dan lain sebagainya.

Minum air putih dengan pola 2-4-2

Delapan gelas air putih tetap harus dikonsumsi setiap hari. Dengan terpenuhinya cairan dalam tubuh maka rasa kantuk akan bisa dikurangi. Minum dua gelas air saat berbuka, kemudian empat gelas sepanjang malam dan dua gelas lagi saat sahur.

Sebaiknya pilih karbohidrat kompleks

Sumber karbohidrat kompleks adalah nasi merah, oatmeal, roti gandum, ubi, jagung, singkong dan lain sebagainya. Karbohidrat kompleks dipercaya lebih lambat dipecah menjadi gula darah sehingga membantu metabolisme tubuh. Oleh karena itu, tubuh dapat menyimpan energy lebih lama.

(Visited 1,275 times, 1 visits today)