Cara Mudah Menghafal Al-Quran Ala Ust. Yusuf Mansyur

260 views Leave a comment
Cara Mudah Menghafal Al-Quran Ala Ust. Yusuf Mansyur

Dailymoslem – Penghafal Al-Quran tentu memiliki keutamaan sendiri dimata Allah Subhanahu wa Ta’ala. Dengan menghafalnya, insya Allah segala rintangan dan ujian di dunia dapat dilewati dengan baik, apalagi jika dibarengi dengan memperdalam dan memahami isinya.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman,

Sesungguhnya Al Quran ini memberikan hidayah kepada (jalan) yang lebih lurus” (QS. Al Isra: 9)

Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam pun pernah bersabda mengenai para penghafal Al-Quran, beliau mengatakan bahwa para penghafal Al-Quran memiliki kedudukan yang tinggi di hari akhir nanti.

akan dikatakan kepada shahibul qur’an (di akhirat) : bacalah dan naiklah, bacalah dengan tartil sebagaimana engkau membaca dengan tartil di dunia. karena kedudukanmu tergantung pada ayat terakhir yang engkau baca” (HR. Abu Daud 2240, dishahihkan Al Albani dalam Shahih Abi Daud).

Sampai saat ini, memang banyak sekolah-sekolah berbasis Islam yang mendorong siswa-siswinya untuk bisa menghafal Al-Quran. Berbagai sistem pun dibuat untuk mempermudah para siswa-siswi menghafalnya. Namun ternyata seperti yang dilansir dari website Yusuf Mansyur, ada cara yang cukup andal dan mudah untuk mempercepat hafalan.

  1. Merekam suara sendiri saat melantunkan satu ayat Al-Quran
  2. Ulangi rekaman tersebut hingga 20 kali, dan coba ikuti dalam hati (tanpa suara)
  3. setelah hafal, coba lantunkan ayat tersebut 3-4 kali
  4. Lanjutkan cara tersebut untuk ayat kedua

Dalam artikel yang berjudul Cara menghafal Al-Quran tersebut juga disebutka bahwa kita juga boleh menggunakan rekaman dari para qari favorit kita. Intinya, semakin sering mendengarkan dan mengulang-ulang hafalan maka akan semakin cepat hafalan tersebut menempel di otak kita. Selamat mencoba!

 

Baca juga:

Video Anak-Anak Penghafal Al-Quran Yang Mengaggumkan

10 Anak Penghafal Al-Quran Di Keluarga Irwan Prayitno

Bunda Ini Lho 2 Cara Rasya El-Ghaffar Ajari Anaknya Menghafal Al-quran Sejak Dalam Kandungan

Masya Allah, Bayi Ini Menangis Saat Al-Qurannya Ditutup dan Diganti Dengan Buku Bertulisan Arab Lain

(Visited 235 times, 2 visits today)