Cara Merawat Jas Hujan Agar Awet dan Tidak Bau Apek

248 views Leave a comment
Cara Merawat Jas Hujan Agar Awet dan Tidak Bau Apek

Dailymoslem – Jas hujan merupakan salah satu item terpenting di musim hujan seperti sekarang ini, apalagi bagi para pengguna sepeda motor yang harus selalu sedia membawa benda ini saat bepergian.

Namun, hujan yang mulai rutin setiap hari membuat kita tidak punya banyak waktu untuk mencuci dan mengeringkan jas hujan. Seringkali jas hujan dilipat dalam keadaan basah hingga menimbulkan bau apek. Nah, agar jas hujan Anda awet dan tidak bau apek, lakukanlah perawatan-perawatan berikut ini.

Gantung Jas Hujan

Jika sudah digunakan, sebaiknya gantung jas hujan agar bisa cepat kering dan lembab. Anda bisa menggantungnya langsung di paku ataupun menggunakan gantungan baju. Selain itu, dengan menggantungkan jas hujan kita juga bisa melihat bagian mana saja dari jas hujan tersebut yang mungkin terkena kotoran seperti lumpur dan segera membresihkannya.

Cara Membersihkan Jas Hujan

Jas hujan tidak perlu dicuci seperti pakaian lain karena bahannya yang tidak menyerap air. Untuk itu, cukup bersihkan jas hujan dengan cara melapnya dengan menggunakan kanebo basah. Untuk jas hujan plastik, Anda bisa mencucinya dengan menddunakan sabun cair. Tapi hati-hati karena bahan ini lebih mudah sobek.

Keringkan Di Bawah Terik Matahari

Meski jas hujan tidak benar-benar basah saat dibersihkan, tetap saja suhunya yang dingin dari kanebo basah membuat jas hujan tetap lembab. Oleh karena itu, segera jemur di bawah terik matahari saat ada kesempatan.

Lipat Dengan Baik

Setelah jas hujan benar-benar kering, maka selanjutnya lipatlah dengan baik agar lebih mudah untuk dibawa kembali saat Anda membutuhkannya. Jika Anda harus melipatnya secara sembarang setelah memakainya dan melipatnya di luar rumah, segera gantungkan, keringkan dan bersihkan sesampainya Anda di rumah.

(Visited 255 times, 1 visits today)