Bunda, Hati-Hati Gunakan Gendongan, Bayi 5 Minggu Ini Tewas Tercekik Kain Gendongan

87 views Leave a comment
Bunda, Hati-Hati Gunakan Gendongan, Bayi 5 Minggu Ini Tewas Tercekik Kain Gendongan

Dailymoslem – Gendongan bayi dari kain yang dililitkan memang menjadi beberapa tahun lalu sejak artis Hollywood Gwyneth Paltrow menggunakannya. Namun, gendongan ini ternyata dapat membahayakan keselamatan bayi. Hal ini dialami oleh sepasang orangtua yang harus kehilangan bayinya yang baru berusia 5 minggu, yaitu Eric Matthews.

Eric Matthews, tak sengaja tercekik di gendongan ketika orangtuanya, Marianne dan Robert mengajaknya jalan-jalan untuk menenangkannya.

Sesampainya di rumah, keduanya panik karena Eric tiba-tiba mengeluarkan darah dari hidung dan tak lagi bernapas. Di hari itu, Marianne dan Robert masih bisa menyelamatkan Eric setelah melakukan CPR darurat dan melarikan Eric ke Great Ormond Street Hospital. Naas, bayi mungil itu meninggal dunia setelah delapan hari ditawat.

Ahli patologi Dr Mary Malone Pediatri, yang melakukan pemeriksaan post-mortem bayi, mengatakan bahwa kematian seperti itu biasanya disebabkan posisi bayi yang membuatnya sesak napas. Bahkan, di Amerika dan Kanada tercatat 16 bayi tewas dan di Inggris 6 bayi tewas karena gendongan ini, seperti dilansir dari dailymail.com.

Menurut Koroner Richard Brittain, penyebab kematian adalah saluran udara bayi yang diblokir. Pasalnya, Marianne menggendong Eric di punggungnya dengan menggunakan gendongan sling. Posisi paling aman untuk menggunakan gendongan sling ini adalah posisi di dada. Marianne mengaku telah banyak membaca tentang posisi bayi yang benar dalam buku parenting, namun ia tidak mengetahui hal ini.

“Saya tak ingin membuat panik, tapi saya pikir itu perlu diketahui,” kata Marianne seperti dilansir Mailonline.

Kasus ini sedang disidangkan di Pengadilan St Pancras Koroner.

(Visited 422 times, 1 visits today)