Bulan Ramadhan Semakin Mendekat, Apakah Anda Sudah Lakukan 4 Persiapan Ini?

1140 views
Waspada Godaan Syaitan Saat Mencari Jodoh

Dailymoslem – Bulan Ramadhan hanya tinggal menghitung hari. Kebanyakan muslim sangat bahagia menghadapi kedatangan bulan yang penuh barokah ini. Bagaimana tidak? Segala pahala akan dilipat gandakan di bulan Ramadhan.

Untuk menghadapinya, ada beberapa hal yang alangkah baiknya dipersiapkan. Dengan bersiap-siap kita mengharapkan melewati bulan Ramadhan ini dengan penuh suka cita, dan menjadi orang yang lebih baik setelahnya. Berikut ini adalah beberapa persiapan untuk bulan Ramadhan:

Persiapan Ruhyah

Salah satu doa yang diajarkan oleh Rasulullah pada para pengikutnya adalah doa menjelang Ramadhan yang memiliki arti

Ya Allah berkahilah kami di bulan Rajab dan Sya’ban dan sampaikan usia kami di bulan Ramadhan.”

Dalam hal ini persiapan yang harus kita lakukan tentunya adalah dengan tidak melakukan maksiat yang sering kita lakukan selama ini. misalnya, korupsi waktu saat mengajar, sebaiknya dihentikan sehingga saat kita menjalani bulan Ramadhan kita sudah terbiasa.

Pengendalian sejak dini memudahkan kita untuk mengontrol diri dikemudian hari. Jaga pandangan, jaga hati, lisan dan pendengaran mulai dari sekarang. Insha Allah shaum kita nanti bisa lebih sempurna

Persiapan Jasadiyah

Seperti yang kita ketahui bahwa dibulan Ramadhan kita akan melakukan ibadah puasa sebulan penuh dan segala ibadah yang kita lakukan akan mendatangkan pahala yang berlipat-lipat ganda. Sungguh sangat disayangkan jika kita sakit pada bulan Ramadhan. Olehkarena itu, kesehatan jasmani harus dipersiapkan jauh-jauh hari. Makan lah makanan yang halal dan thayib dan olahraga dengan rutin agar tubuh kita sehat selalu dan siap menjalankan ibadah puasa tanpa terhalang sakit yang mendera.

Persiapan Tsaqafiyah

Disebut juga persiapan keilmuan. Hal ini untuk menjauhkan kita dari perbuatan ibadah yang tidak dicontohkan agama (bid’ah). Dengan mengetahui mana ibadah yang benar dan yang tidak maka kita akan terhindar dari hal-hal yang tidak baik.

Barangsiapa yang melakukan suatu perbuatan (ibadah) yang bukan urusan (agama/contoh) kami, maka ibadah tersebut tertolak.” (HR. Muslim)

Persiapan Maaliyah (Harta)

Segala ibadah yang dilakukan dalam bulan Ramadhan akan mendatangkan pahala yang berlipat ganda. Olehkarena itu jika kita bersedekah di bulan Ramadhan, maka pahala yang akan kita dapatkan akan lebih besar. Banyak sekali orang-orang yang memanfaatkan momen Ramadhan untuk berbondong-bondong bersedekah.

 

Semoga dengan persiapan yang telah dilakukan, bulan Ramadhan yang akan kita lewati nanti bisa membawa keberkahan dan kita bisa menjadi pemenang di akhir Ramadhan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

(Visited 585 times, 1 visits today)



[shareaholic app="recommendations" id="15559134"]