Bukannya Membantu Diet, Minuman Bebas Gula Ternyata Malah Merusak Gigi

72 views Leave a comment
Bukannya Membantu Diet, Minuman Bebas Gula Ternyata Malah Merusak Gigi

Dailymoslem – Minuman berlabel sugar free atau less sugar seringkali dipilih orang dengan tujuan untuk membantu proses diet dan mengurangi konsumsi gula.

Namun, sebuah penelitian yang dilakukan oleh para imuwan dari Melbourne University menemukan bahwa minuman bebas gula sama bahayanya dengan minuman yang mengandung gula, terutama untuk kesehatan gigi.

Penelitian yang dipimpin Eric Reynolds dari Oral Health Cooperative Research Centre tersebut meneliti pengaruh dari 23 minuman berlabel sugar free atau bebas gula dari jenis soda, jus berperasa dan air mineral berperasa, terhadap kesehatan mulut. Para ilmuwan menemukan bahwa sebagian besar minuman tersebut dapat menyebabkan pelunakkan lapisan enamel gigi hingga 30-50 persen.

Dalam penelitian yang diterbitkan dalam Australian Dental Journal tersebut dikatakan bahwa plak yang ada pada gigi terbentuk dari gula yang masuk lewat makanan dalam mulut manusia. Plak ini kemudian dimakan bakteri dan ketika bakteri memakan plak tersebut, ada zat asam yang diproduksi dan dapat menyebabkan gigi keropos.

Konsumsi minuman bebas gula yang terus menerus bahkan bisa menyebabkan erosi pada gigi. Reynold juga menegaskan bahwa salah satu penyebab pengikisan gigi dalam minuman bebas gula adalah kandungan asam sitrat atau asam fosfor yang terkandung di dalamnya.

“Banyak orang yang meyakini bahwa minuman yang berlabel bebas-gula benar-benar aman bagi gigi. Namun berdasarkan temuan kami, minuman bebas-gula tidak lebih baik daripada minuman yang mengandung gula karena ternyata minuman ini mempunyai potensi mengikis lapisan enamel gigi,” ujar Reynolds seperti dikutip dari situs resmiĀ University of Melbourne.

Reynolds merekomendasikan cara yang sangat sederhana untuk mencegah terjadinya pengikisan lapisan gigi karena minuman bebas gula. “Untuk memberikan dampak terbaik bagi gigi anak-anak atau gigi Anda, air tawar adalah pilihan terbaik,” ujar Reynolds seperti dikutip dariĀ HuffingtonPost Australia.

(Visited 88 times, 1 visits today)