Bukan Hanya Mental Yang Harus Dipersiapkan, Fisik Pun Harus Siap Hadapi Ramadhan

605 views
20150406085935-05361155

Dailymoslem – Puasa adalah salah satu Ibadah wajib yang sangat terasa pengorbanannya. Bagaimana jika sehari-hari kita bebas minum dan makan apapun yang kita mau, dalam bulan puasa kita dilarang makan dan minum dari mulai terbit hingga tenggelamnya fajar. Selain itu, kita juga dituntut untuk dapat menahan emosi yang kadang kala meluap begitu saja.

Meskipun begitu, Allah memberikan ganjaran berkali-kali lipat saat bulan puasa (Ramadhan). Satu huruf Al-Quran saja jika dibaca dengan ikhlas, khusyu dan tentunya benar akan diganjar sebanyak LALALA. Selain itu, kebaikan apapun yang dilakukan akan diberikan pahala yang berlipat-lipat ganda. Subhanallah.

Oleh karena itu, kita harus melakukan persiapan fisik dari sekarang agar bisa melaksanakan puasa tanpa terhalang masalah kesehatan yang mengganggu. Apa saja persiapan fisik yang bisa dilakukan untuk menghadapi bulan Ramadhan yang semakin mendekat?

Kurangi Makanan Yang Menyebabkan Masalah Lambung

Salah satu penyakit yang sering dikeluhkan saat puasa adalah maag. Ya, penyakit lambung. Oleh karena itu, sebaiknya kurangi atau lebih baik di hindari makanan yang menimbulkan masalah lambung tersebut. Seperti nangka, durian, makanan pedas, makanan yang asam dan lain sebagainya. Jika lambung kita sehat, maka penyakit maag Insya Allah tak akan mengganggu ibadah puasa.

Biasakan Cara Makan Rasulullah

Rasul selalu makan sebelum lapar dan berhenti makan sebelum kenyang. Dengan begitu, lambung akan terbiasa dengan porsi makan yang kecil, sehingga saat puasa nanti system pencernaan tidak kaget dengan kebiasaan baru dan dengan jumlah kalori yang lebih sedikit dari biasanya.

Perbanyak Makan Sayur dan Buah

Menginsumsi sayur dan buah secara rutin mampu membantu proses pembersihan saluran pencernaan, sehingga racun dalam tubuh akan terbuang dan pencernaan menjadi bersih.

Olahraga dan Minum Air Yang Cukup

Berolahraga akan membuat tubuh menjadi lebih bugar dan sehat. Sehingg daam keadaan apapun tubuh akan tetap sehat meskipun jumlah kalori menjadi lebih berkurang. Minum air dengan jumlah yang cukup juga bisa membuat metabolism dalam tubuh tetap lancer sehingga tubuh terhidrasi dengan baik.

Konsultasikan Kesehatan Kepada Dokter

Jika selama ini kita sedang dalam masa pengobatan maka, konsultasikan kondsi kepada dokter. Pastikan bahwa kondisi tubuh benar-benar bisa untuk diajak berpuasa. Sehingga ibadah puasa akan berjalan dengan khusyu.

(Visited 652 times, 1 visits today)